Daerah

Gubernur Sumut Buka Festival Bunga dan Buah Karo 2019

Gubsu Edy Rahmayadi bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat membuka Festival Bunga dan Buah 2019 di Open Stage Taman Mejuah - juah Berastagi. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi secara resmi membuka Festival Bunga dan Buah di Open Stage Taman Mejuah – juah Berastagi, Jumat (5/7/2019). Dalam kesempatan ini, Gubsu disematkan pakaian adat Karo lengkap berupa bulang – bulang, kadang – kadangen dan uis beka buluh.

Dalam sambutannya, Gubsu menyampaikan bahwa Festival Buah dan Bunga sudah dilestarikan sejak beberapa tahun lalu. “Sejak saya kecil, disini memang benar – benar Pesta Bunga dan Buah, karena disini bunga dan buah banyak sekali. Sekarang setelah bunga dan buahnya makin sedikit, justru pestanya yang dibanyakin,” celetuk Gubsu disambut tepuk tangan ribuan pengunjung.

Menurutnya, kita patut bersyukur kepada Tuhan yang telah menurunkan surga kecil di Tanah Karo yakni Kota Berastagi. “Tidak semua provinsi mempunyai tempat seperti di Karo. Punya udara segar dan tanah yang subur,” sebutnya disambut riuh sorak sorai pengunjung.

Edy menyampaikan, kedepan pihaknya akan membenahi infrastruktur yang ada. Seperti pembahasan terkait rencana Medan – Binjai – Deliserdang – Karo (Mebidangro). Menurutnya, kedepannya pihaknya akan memfokuskan pembangunan seluruh wilayah tersebut.

“Pak Bupati, di lain waktu saya akan datang lagi kesini agar kita bersama – sama membenahi kota wisata ini, khususnya kawasan Gundaling. Kita kembalikan ke zaman-nya dulu, bahwa Gundaling banyak diminati turis mancanegara. Saya melihat hanya segelintir yang hadir pada pesta kali ini, tidak sebanyak zaman dulu,” tutupnya.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam sambutannya menyampaikan, tema Festival Bunga dan Buah 2019 sebagai sarana promosi potensi unggulan Kabupaten Karo. Sedangkan sub tema, melalui Pesta Bunga dan Buah 2019, mari kita tingkatkan kunjungan wisata ke Karo.

Ia mengharapkan, salah satu agenda event pariwisata yang dilaksanakan Pemkab Karo ini memiliki makna dan tujuan diantaranya, agar lebih mengenalkan kembali tentang potensi Kabupaten Karo yang sejak dahulu adalah penghasil bunga, buah dan sayuran terbesar di Sumatera Utara.

“Hal ini diyakini akan kembali terwujud dengan dukungan potensi alam dan tanah yang subur serta budaya yang luhur. Disamping itu, masyarakat yang ramah dengan kekuatan merga silima, tutur siwaluh, rakut sitelu dan perkade – kaden si sepuluh dua tambah sada,” tutupnya.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, acara dimeriahkan dengan karnaval mobil hias dengan peserta dari 17 kecamatan. Event ini turut diikuti dinas, instansi, BUMN dan perhotelan di Berastagi. Ribuan masyarakat juga terlihat sangat antusias menyaksikan pawai kendaraan yang memadati sepanjang Jalan Veteran Berastagi.

Selanjutnya, usai pembukaan oleh Gubsu, dilanjutkan dengan pawai kendaraan hias oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Bupati Simalungun DR JR Saragih, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana dan Forkopimda Karo.

Turut hadir diantaranya, Pemkab Jember, perwakilan Kementerian Pariwisata RI Ari Prasetyo, perwakilan Pemkab Dairi, perwakilan Walikota Binjai, utusan perwakilan Negara Jepang Yudai Kataki, Kepala Bank Indonesia Andi Wiyana dan perwakilan pengurus Geopark Kaldera Toba Alimin Ginting.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas