Daerah

Bupati Karo Pastikan Hadir, ini Jadwal dan Tempat Tayang Film “Jandi La Surong”

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban SE dan sejumlah kepala dinas berfoto bersama panitia pembuatan film Jandi La Surong. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban SE dan sejumlah kepala dinas menerima audensi panitia pembuatan film Karo “Jandi La Surong”, Ori Semloko Sembiring dkk di ruang kerjanya, Senin (21/1/2019).

Ori Semloko Sembiring selaku sutradara mengatakan, kehadiran pihaknya guna menyampaikan bahwa pembuatan film Jandi La Surong karya Muhammad Tempel Tarigan sudah rampung dan siap untuk ditayangkan. “Sejak awal rencana pembuatan sudah kita sampaikan kepada Bupati Karo. Setelah selesai juga kita sampaikan,” tutur Ori.

Menurutnya, Pemkab Karo sejak awal sangat mendukung pembuatan film tersebut. “Terima kasih atas dukungan Pemkab Karo dalam pembuatan film berkarakteristik budaya Karo zaman dulu ini. Sehingga, budaya-budaya, objek wisata, dunia pendidikan dan desa-desa di Karo akan kembali diangkat melalui pemutaran film ini nantinya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta kesediaan Bupati Karo bersama jajarannya untuk dapat hadir dalam pemutaran perdana film Jandi La Surong yang rencananya dilaksanakan di Hotel Mikie Holiday Berastagi, Sabtu 23 Februari 2019 mendatang. “Target karcis yang kita edarkan sebanyak 1.150 orang, sesuai kapasitas yang telah disediakan,” jelasnya.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengapresiasi atas selesainya penggarapan film Jandi La Surong. Menurutnya, pemutaran film ini akan menjadi renungan bagi kita semua. Sebab, kata dia, dalam penayangan film ini banyak perspektif yang digali, baik dari segi budaya, pendidikan, desa dan wisata.

“Ini akan ditonton oleh ribuan orang dan diyakini mampu menggugah kembali potensi-potensi yang terpendam di masa lampau untuk di kenang kembali. Pada prinsipnya, Pemkab Karo sangat mendukung pemutaran sinema film Jandi La Surong ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Terkelin memastikan jika dirinya akan hadir pada pemutaran film tersebut. Ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Karo. Ia juga meminta agar sutradara berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pariwisata, Dispora dan PMD. Sebab alur cerita film ini semua menyangkut dengan dinas tersebut.

“Kolaborasi sangat penting. Jangan setelah pemutaran perdana film ini selesai, langsung terhenti hanya sampai disitu saja. Saya mau pemutaran film Jandi La Surong ini terus berlanjut hingga ke pelosok – pelosok desa dan ke sekolah – sekolah. Ini target saya,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs. Robert Billy Perangin – angin mewakili dinas terkait menyatakan sudah berkoordinasi dengan panitia pembuatan film Jandi La Surong sejak awal.

“Dalam hal ini kita akan mengundang Forkopimda dan organisasi di Karo serta Pemuda Merga Silima (PMS), HMKI dan K3. Saya selaku teknis yang membidangi pembuatan film ini, sudah membagikan tiket kepada OPD seluruh Pemkab Karo. Ini sebagai bentuk dukungan Pemkab Karo,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini diantaranya, Kepala Dinas Pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Kepala Dinas Pariwisata Ir. Mulia Barus dan Kepala Dinas PMD Abel Tarwai Tarigan S.Sos MT.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas