Daerah

Atasi Banjir, Bupati Karo Perintahkan Normalisasi Drainase di Desa Ketaren

Bupati Karo bersama rombongan saat meninjau pengorekan saluran drainase yang kerap sebabkan banjir di Desa Ketaren. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meninjau saluran drainase yang rusak di Desa Ketaren, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (2/1/2019) siang. Hal ini dilakukan guna merespon keluhan warga yang kerap mengalami banjir di kawasan ini.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo berikut rombongan disambut oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ketaren, Harianja Purba didampingi anggota, Munjur Ketaren.

Menurut Harianja, air hujan yang tergenang kerap meluap ke rumah warga. Banjir ini diakibatkan saluran parit dan gorong-gorong yang tidak dapat menampung volume air hujan, apalagi saat hujan deras.

“Kita sudah berupaya mengatasi masalah ini dengan memperbaiki drainase yang ada di sepanjang jalan menuju Desa Ketaren. Perbaikan drainase yang menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) ini masih berlangsung,” jelas Harianja.

Merespon laporan tersebut, Bupati Karo memerintahkan OPD terkait untuk segera menurunkan alat berat untuk menormalisasi aliran drainase dan gorong-gorong. “Alat berat berupa beko dan dump truk akan kita turunkan dari Dinas PUPR serta mobil penyedot air dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tegas Terkelin.

Menurutnya, beko dikerahkan untuk melakukan pengorekan saluran parit yang telah tertumpuk tanah. “Tumpukan tanah ini akan diangkut oleh dump truk untuk selanjutnya dibuang. Masyarakat hanya mampu bekerja manual, sehingga hasilnya tidak maksimal,” tuturnya.

Ia mengharapkan, upaya normalisasi yang dilakukan akan dapat mengatasi keluhan warga setempat. “Ini sudah berlangsung hampir setahun. Untuk itu, dilakukan normalisasi agar pembangunan dilanjutkan sesuai dana desa yang sudah disepakati warga dengan perangkat desa,” jelasnya.

Sementara, Munjur Ketaren sangat mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Karo atas permasalahan tersebut. “Luar biasa kepedulian Bupati Karo diawal 2019 ini. Sebab kami terbentur dengan anggaran sewa alat berat, karena anggaran dana desa kami sangat terbatas,” jelas Munjur.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, hingga berita ini dilansir pada pukul 16.00 WIB, Bupati Karo masih mengawasi alat berat yang melakukan pengorekan saluran drainase di lokasi. Sejumlah warga sangat berterima kasih atas kinerja Pemkab Karo.

Turut hadir diantaranya, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kasatpol PP dan Damkar Hendrik Philemon Tarigan, Direktur PDAM Tirta Malem Arvino Hamsyari Nasution, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP dan yang lainnya.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas