Daerah

Lantik 17 Kepala Desa, ini Arahan Penting Bupati Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melantik 17 orang kepala desa yang terpilih pada Oktober 2018 lalu. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH secara resmi melantik 17 orang Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Oktober 2018 lalu. Pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji ini dilaksanakan di Jambur Pemkab Karo, Jumat (14/12/2018).

Dalam sambutannya, Terkelin menyampaikan bahwa acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji bagi kepala desa terpilih ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan kepala desa yang dilaksanakan secara demokrasi.

Dikatakan, para kepala desa yang baru dilantik memiliki pekerjaan berat yang telah menanti sesuai dengan janji dan sumpah yang telah diucapkan. Ia meminta agar amanah tersebut dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab guna menata dan memajukan desa.

“Disamping itu, bagaimana membangun kemitraan bersama, sehingga secara kolektif, kesejahteraan masyarakat desa harus dapat meningkat secara pasti kearah yang lebih baik,” pungkas Terkelin.

Menurutnya, paradigma pemimpin di era modern saat ini harus mampu menjadi pemimpin yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan sikap kepemimpinan yang cenderung untuk dilayani masyarakat serta harus peka dan respon terhadap persoalan sosial di desa.

Oleh karena itu, ia mengharapkan agar para kepala desa dapat menghimbau masyarakat untuk mulai merubah pola pikir yang produktif. Masyarakat desa harus mampu hidup mandiri dengan potensi yang dimiliki.

Selain itu, kata dia, perlu membangun produk lokal yang ada di desa untuk dijadikan komoditi unggulan dan khas desa, agar dapat dikembangkan menjadi sebuah produk barang dan jasa yang bernilai ekonomis.

“Untuk itu, pekerjaan utama yang harus dilakukan adalah bagaimana menata kembali masyarakat sebagai konsekuensi logis dari adanya pemilihan kepala desa. Perlu diingat, tujuan kita tetap satu yaitu membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tutupnya.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, pada pelantikan kepala desa ini, turut dilaksanakan pelantikan Ketua TP PKK Desa yang dilantik oleh Ketua TP PKK Kecamatan masing-masing desa.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Wakapolres Karo Kompol Edward Saragih, anggota DPRD Karo Frans Dante Ginting, perwakilan Kodim 0205/TK Mayor Muchtar, para Asisten, pimpinan OPD dan para Camat, Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-Karo dan lainnya.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas