Daerah

Bupati Karo Buka Rancangan Awal Perubahan RPJMD Karo 2016-2021

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat membuka acara Musrembang RPJMD Karo tahun 2016-2021 di Aula Kantor Bupati Karo, 4 Oktober 2016 lalu. SUMBER/dok

TANAH KARO – SUMBER

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karo menyelenggarakan Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2016-2021 di Aula Halilintar, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Senin (10/12/2018). Acara ini dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Dalam sambutannya Terkelin mengatakan, Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2016-2021 dilaksanakan untuk mencermati dinamika perkembangan. Oleh karena itu, kata dia, dipandang perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanan RPJMD.

“Dari hasil evalusi tersebut, penting untuk melakukan perubahan yang tahapan dan tata caranya berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perubahan RPJMD Karo ini bertujuan mempertajam, menyelaraskan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategis arah kebijakan dan program pembangunan daerah,” jelasnya.

Disampaikan, visi Kabupaten Karo sebagaimana kita ketahui bersama yakni “Terwujudnya Masyarakat Sejahtera yang Berdaya Saing dan Berkarakter dengan Menjunjung Nilai-nilai Budaya Karo”. Hal ini diharapkan tidak mengalami perubahan, baik narasi maupun substansi.

Ia menjelaskan, untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 5 misi yaitu :

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia berkarakter.

2. Meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan pariwisata berwawasan lingkungan.

3. Meningkatkan pembangunan infrastuktur untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

4. Membangun pemerintahan daerah yang profesional dan kompetitif melalui tata kelola pemerintah yang responsif.

5. Meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam menyelenggarakan penanggulangan bencana.

Untuk itu, lanjutnya, Perubahan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Karo tahun 2016-2021 untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Karo melalui sinkronisasi antara kebijakan daerah dan perangkat daerah, peningkatan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja, sehingga Pemkab Karo merupakan pemerintahan yang berorientasi hasil (result oriented government).

Ia mengharapkan seluruh peserta dapat mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran serta berbagai masukan yang konstruktif, dalam rangka penyempurnaan penyusunan perubahan rencana pembangunan jangka menengah di Kabupaten Karo sampai tahun 2021.

“Disamping itu, evaluasi perubahan ini dalam penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Karo tahun 2016-2021 diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga apa yang telah kita rencanakan dapat tercapai,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, anggota DPRD Karo Mansur Ginting, Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-Karo dan Kepala OPD se jajaran Pemkab Karo.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas