Daerah

Bupati Karo Hadiri Tour De Sinabung di Sipiso-piso Tongging

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana dan Kapolres Karo AKBP Benny R Hutajulu SIK melepas balon udara tanda pembukaan Tour De Sinabung 5. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Komunitas Sepeda Onthel menggelar Tour De Sinabung 5 di kawasan Penatapan Sipiso-piso Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Minggu (23/9/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Tour De Sinabung 5, Hanna br Bangun menjelaskan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari seluruh kabupaten se-Sumut. Selain itu, Persatuan Sepeda Onthel dari Aceh turut serta dalam event ini.

Menurutnya, kegiatan bersepeda onthel Tour De Sinabung ini sudah sering dilaksanakan dan dipusatkan di Karo, namun tempatnya berpindah-pindah. Dikatakan, peserta kegiatan kali merupakan yang terbanyak yakni mencapai 1.800 orang peserta.

“Pelaksanaan kegiatan kali ini tidak kalah istimewa. Dalam kurun yang telah dilalui pada pelaksanaan Tour De Sinabung 1, 2, 3 dan 4 di Karo, kali ini yang sangat istimewa. Karena dimeriahkan peserta onthel dari mancanegara yakni dari Malaysia,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan daerah wisata Karo yang penuh potensi objek wisata. “Kita sengaja memilih lokasi start  peserta di Tongging. Tujuannya, agar peserta dapat mengenal lokasi tersebut kemudian dapat diaplikasikan ke daerah masing-masing sekaligus jadi duta wisata,” jelasnya.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengungkapkan rasa terima kasih kepada panitia yang begitu peduli dan antusias untuk memajukan dan mendorong memperkenalkan daerah wisata Tongging melalui kegiatan sepeda onthel.

“Ini cukup luar biasa, sebab setiap kegiatan sepeda onthel di Karo, panitia selalu mengundang Pemkab Karo untuk ikut berpartisipasi dalam hal melepaskan  peserta sepeda onthel ini. Diharapkan, kedepan objek wisata Tongging sekitarnya dapat dijadikan sebagai wadah. Pemkab Karo selalu mendukung setiap kegiatan yang sifatnya memajukan kepentingan masyarakat,” tutur Terkelin.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ia meminta kepada peserta agar memperhatikan faktor keamanan karena rute yang dilalui cukup penuh tantangan yakni dari Gajah Bobok – Aek Hotang – Pangambatan dan finish di Tongging.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, pelepasan peserta sepeda onthel ini ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Bupati Karo disaksikan Forkopimda dan para OPD Kabupaten Karo, sebagai tanda Tour De Sinabung 5 resmi dibuka.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, Dirut BPODT Ary Prasetio, Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Benny R Hutajulu SIK, Kepala Dinas Kesehatan drg. Irna Safrina br Sembiring Meliala, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Mulia Barus, Direktur RSU Kabanjahe dr. Arjuna Wijaya dan yang lainnya.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas