Daerah

HKBN 2018, Bupati Karo Himbau Semua Pihak Bersiap Hadapi Darurat Bencana

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH memantau kesiapsiagaan personil siaga bencana saat pelaksanaan apel dalam peringatan HKBN di halaman Kantor Bupati Karo. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menggelar peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo, Jumat (25/4/2018). Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bertindak sebagai pembina apel dalam peringatan ini.

Peringatan HKBN ini, seiring lahirnya UU Penanggulangan Bencana, sehingga Presiden RI menetapkan setiap tanggal 26 April setiap tahun sebagai HKBN. Pencanangan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan ancaman, kapasitas dan risiko bencana dilingkungan.

Disamping itu, meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana melalui pelatihan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan.

Kegiatan bertema “Siaga Bencana dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas” ini, dihadiri Danyonif 125/Si’mbisa Letkol Inf Victor Tjokro, unsur Forkopimda Karo, pimpinan OPD. Selain itu, kegiatan ini diikuti oleh BPBD, TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, Palang Merah Remaja (PMR), pelajar dan lainnya.

Bupati Karo dalam kesempatan ini menghimbau kepada semua pihak untuk bersiap diri menghadapi kedaruratan bencana, meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, menciptakan budaya aman serta mengurangi korban jiwa akibat bencana.

“Melalui peringatan HKBN ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam menghadapi risiko bencana. Disamping itu, meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana,” tutur Terkelin.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, acara perigatan HKBN ini diisi dengan berbagai penampilan seperti atraksi pemasangan tenda dari BPBD Karo, atraksi PMR, atraksi SMA Negeri 1 Tiganderket, simulasi pemadaman api oleh petugas Damkar serta pelepasan pawai kendaraan HKBN.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas