Daerah

Hadiri Inacraft 2018, Ketua TP PKK Karo : Kerajinan Karo Sangat Diminati

Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana berfoto bersama anggota PKK Karo didepan stand pameran Kabupaten Karo. SUMBER/Ist

JAKARTA – SUMBER

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana menghadiri Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat selama lima hari mulai, Rabu (25/4/2018) dan ditutup Minggu (29/4/2018).

Inacraft merupakan pameran yang bertujuan mempromosikan dan mendongkrak nilai jual produk kerajinan serta mengenalkan seni dan budaya daerah. Hingga saat ini, Inacraft sudah diselenggarakan sebanyak 19 kali dan secara bergantian 19 provinsi telah terpilih menjadi ikon.

Dalam acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ini, Sariati yang didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo Almina Bangun SH, Ny. Etty Suang Karo-Karo dan Ny. Magdalena Sukatendel, merasa bangga atas pelaksanaan acara ini karena stand Pemkab Karo cukup diminati.

Disampaikan, peserta Inacraft berasal dari seluruh provinsi/ kabupaten/ kota se Indonesia yang turut ambil bagian bersama TP PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Pameran ini sebagai bentuk penghargaan produk kerajinan terbaik menonjolkan karakteristik budaya yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pameran Inacraft setiap April.

Menurutnya, keikutsertaan Pemkab Karo pada kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman para perajin dan pelaku usaha bidang industri kreatif kerajinan untuk memproduksi hasil karya yang tetap bercita rasa khas daerah pegunungan Kabupaten Karo dan tidak lepas dari kearifan lokal budaya daerah Karo.

“Namun hasil karya tetap memiliki standar kualitas nasional serta mengedepankan kelestarian lingkungan dalam proses produksi sebagai produk global yang ramah lingkungan. Hasilnya cukup menggembirakan, direspon positif oleh berbagai kalangan selama pameran, banyak yang laku,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo Almina Bangun SH mengatakan, pameran ini bertujuan agar karya para UKM Karo dapat ditonjolkan dan promosikan serta dapat memperluas area pemasaran produk dan dikenal masyarakat luas.

Hal ini, kata dia, tentu dapat membantu meningkatkan sektor perekonomian Kabupaten Karo khususnya berbasis pada kemandirian dan ketangguhan usaha sektor UKM.

Untuk diketahui, acara Inacraft ke 20 yang diselenggarakan sejak 1999 ini, menampung lebih dari 1.500 peserta pameran. Acara ini lahir dari pemikiran sederhana, mulia, memperbaiki kesejahteraan hidup perajin dan pengusaha di bidang kerajinan di Indonesia.

Deretan nama-nama penting tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI) seperti Rudy Lengkong, H. Sjahroel Sjamsoedin, Sukartono, Thamrin Bustami, Bramantyo W dan Hariman T Zagloel adalah tokoh penggagas yang melahirkan Inacraft.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas