Daerah

Dihadiri Bupati Karo, FK3 Gelar Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ketua FK3 Baltasar Tarigan SE, Alimin Ginting dan Staf Kepresidenan Abed Nego Tarigan dalam acara sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa. SUMBER/Ist

DELISERDANG – SUMBER

Forum Kita Kalak Karo (FK3) menggelar sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Pengenalan Peluang Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan di Green Hill Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (14/4/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Asisten I Pemerintahan Drs. Suang Karo-Karo, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kepala Dinas Pertanian Sarjana Purba STP MM, Kepala Dinas Pariwisata Ir. Mulia Barus, Kepala Dinas PMD Abel Tarwai Tarigan dan Kepala Dinas Perindustrian Almina Bangun.

Bupati Karo dalam sambutannya menyampaikan, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Hal ini bermakna, jika memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan dan pilarnya tidak kokoh, akan berakibat robohnya bangunan yang disangga.

Demikian pula halnya dalam membangun bangsa. Hal ini membutuhkan pilar tiang penyangga yang kokoh, agar masyarakat merasa nyaman, aman, tentram dan sejahtera.

“Segala ancaman peran penting pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten dalam membangun sebuah pilar, tidak terlepas dari dari karakter perilaku dan komitmen untuk membangun dengan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa. Prinsipnya, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” cetusnya.

Menurutnya, kepala desa, camat dan pemerintah kabupaten, harus bisa mencari menggali, memanfaatkan dan mengembangkan peluang pemberdayaan masyarakat pendapatan asli desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di berbagai sektor usaha diantaranya, pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dan sektor usaha lainnya di desa.

“Pemkab Karo sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan peran serta FK3 dalam membangun Karo melalui ide, saran, masukan dan kritikan yang bersifat membangun kepada Pemkab Karo. Sehingga, apa tujuan dan cita-cita kita bersama dapat terwujud,” tutupnya.

Sementara, Ketua FK3 Baltasar Tarigan SE menjelaskan, sosialisasi ini sebagai bentuk dukungan kerja terhadap Kabupaten Karo. Kegiatan ini bertujuan agar setiap desa menonjolkan keunggulan yang potensial seperti kopi, aren, perhutanan sosial dan potensi wisata,” paparnya.

“Kepala desa diharapkan berkomitmen membangun pilar yang kokoh. Tanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bernegara dalam menjalankan tugas. Melalui pengelolaan Dana Desa, masyarakat merasa ikut bertanggungjawab dan berpartisipasi dalam membangun desanya masing-masing,” tutupnya.

Hadir dalam sosialisasi ini diantaranya, anggota MPR RI Eva M. Sundari, Wakil Ketua FK3 Sapta Putra Ginting, Prof Merdang Sembiring, Prof DR Sada Arih Sembiring SH MH, Alimin Ginting, Ir. Sapta Putra Tarigan, Drs. Daniel Purba AK, Tania Depari, Evarina Pelawi, Nathan M.P Sembiring, Hana Bangun, Rani Nevia Ginting, Gideon W Ketaren, Abed Nego Tarigan (Staf Kepresidenan), para Camat dan kepala desa se Kabupaten Karo.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas