Daerah

Bupati Karo : Usulan Perencanaan Pembangunan Harus Satu Pintu

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Calon Gubernur Sumut Drs. H. Djarot Saiful Hidayat MS meninjau stand Bappeda Karo pada pelaksanaan Musrembang Provsu Tahun 2018. SUMBER/Ist

MEDAN – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2018 di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (12/4/2018). Acara dibuka oleh Gubernur Sumut Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si

Kegiatan yang dimaksudkan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumut tahun 2019 ini, mengusung tema, “Percepatan Pembangunan untuk Mendorong Penciptaan Ekonomi yang Tangguh dalam Rangka Mewujudkan Sumatera Utara yang Mandiri, Makmur dan Berkeadilan”.

Terkelin menyampaikan, Musrenbang harus dilaksanakan oleh Pemprovsu setiap tahunnya dengan mengundang 33 Kabupaten/ Kota di Sumut. Tujuannya, dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi tentang rencana pembangunan, penyelaras program, target dan lokasi antara provinsi dengan Kabupaten/ Kota sesuai bidang pemerintahannya.

“Selain itu, perlu sinkronisasi mulai dari bawah. Seperti kebutuhan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seluruh usulan harus ditampung oleh Bappeda, setelah itu baru masuk ke provinsi yakni Musrenbang Provinsi,” jelas Terkelin didampingi Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si.

Menurutnya, jika tidak disinkronisasi, dikhawatirkan ada usulan yang masuk di tengah jalan. Hal ini, kata dia, tidak dapat dibenarkan. Semua usulan atau masukan perencanaan pembangunan harus satu pintu. Disamping itu, ada juga yang membuat program ke pusat tidak melalui Bappeda Karo.

“Mungkin karena OPD mempunyai relasi di pusat, mereka kemudian melakukan lobi-lobi tanpa mekanisme diatas. Nah, ini sudah tidak zamannya lagi, sekarang sudah transparansi dan sistem E-Planning. Ini yang kita inginkan kedepan, sehingga di Musrenbang-lah tertampung rencana kegiatan yang terencana,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si mengatakan, selama dua hari berturut-turut sejak, Senin (9/4/2018) dan berakhir, Rabu (11/4/2018), sebanyak 20 pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, mengikuti Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2018 di Hotel Santika Medan.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh OPD Pemkab Karo agar mengusulkan aspirasi melalui Bappeda. Selanjutnya, prioritas dan saran pembangunan akan di jaring berdasarkan skala prioritas pembangunan untuk dimasukkan sebagai masukan dan saran ke Musrenbang Propinsi. “Demikian sistem yang diterapkan pada tahun ini maupun tahun 2019 mendatang,” jelasnya.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, Bupati Karo terlihat meninjau stand Bappeda Karo yang mempromosikan kepada para ASN Kabupaten/ Kota se Sumut segala hasil perencanaan yang selama ini dihasilkan dari produk-produk IKM binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag)/ Dekranasda Karo.

Turut hadir dalam Musrenbang ini diantaranya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Drs. H. Djarot Saiful Hidayat MS dan Sihar Sitorus, anggota DPD RI Parlindungan Purba dan Walikota/ Bupati se Sumut.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas