Daerah

UP2K Desa Sempajaya akan Diperlombakan di Tingkat Provinsi

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariati Sitompul Terkelin Brahmana didampingi Ketua Dewan Pembina PKK Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan pembinaan kepada UP2K PKK Desa Sempajaya. SUMBER/trims

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Karo Ny. Sariati Sitompul Terkelin Brahmana, mengunjungi Kantor Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Sabtu (10/3/2018).

Kunjungan Terkelin selaku Ketua Dewan Pembina PKK Karo bertujuan untuk melakukan pembinaan terhadap PKK Desa Sempajaya yang tengah menggalakkan program UP2K. Rencananya, Desa Sempajaya sebagai salah satu desa percontohan UP2K, akan diperlombakan di tingkat provinsi pada tahun ini.

Disampaikan Terkelin, program UP2K sangat mendukung masyarakat, karena pengelolaannya langsung dari, oleh dan untuk masyarakat. Program ini juga diyakini dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan juga menggerakkan roda perekonomian masyarakat pedesaan.

“Program UP2K diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga, sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat. Untuk itu, masyarakat desa harus kompak dan bersatu untuk membuat terobosan yang inovatif,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk mendapat gelar juara harus melalui usaha yang gigih, kerja sama dan komunikasi yang baik, bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas serta tidak ngasal. “Tingkatkan persatuan dan kekuatan, maka tujuan akan berhasil. Jika bersatu, kita akan kuat. Ini harus diterapkan para ibu  UP2K,” harapnya.

Sementara, Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana menyampaikan, dalam rencana perlombaan ini, perlu dilakukan pembinaan agar memenuhi kriteria-kriteria dan indikator penilaian, agar memenuhi syarat untuk menjadi juara di tingkat provinsi nantinya.

Menurutnya, perkembangan program UP2K di Desa Sempajaya sangat menggembirakan. Oleh karena itu, ia sangat optimis jika Desa Sempajaya dapat mewakili Kabupaten Karo ke tingkat provinsi, seperti Desa Gung Pinto Kecamatan Namanteran tahun 2016 lalu.

“Desa Gung Pinto saat itu memenangi penilaian dan meraih juara 1 tingkat Sumut dan dilombakan ke tingkat nasional. Mereka akhirnya berhasil meraih juara 5 nasional. Oleh karena itu, Desa Sempajaya juga diharapkan dapat mengikuti jejak Desa Gung Pinto,” tandasnya.

Adapun penilaian dan kriteria UP2K mencakup tiga aspek yakni bidang kelembagaan, administrasi dan kegiatan-kegiatan UP2K PKK. “Ini sebagai dasar pembinaan desa percontohan UP2K. Ini merupakan penilaian awal. Persiapkan diri, baik perorangan maupun kelompok,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Ketua Tim PKK Kabupaten Ny. Mirton Ketaren, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Ketua UP2K Desa Sempajaya Lilis Sulastri, masyarakat serta ibu-ibu PKK sebanyak 100 orang.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas