Daerah

Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Digelar di Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI Drs. Aferi Syamsidar Fudail M.Si dan lainnya berfoto bersama usai pelaksanaan Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menggelar Rapat Koordinasi tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Senin (26/3/2018).

Rapat ini dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang dan Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Kemendagri RI Drs. Aferi Syamsidar Fudail M.Si beserta rombongan.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan guna membahas dan mendiskusikan terkait permasalahan Administrasi Pemerintahan Desa terkhusus desa yang terkena dampak bencana Gunung Sinabung.

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri RI atas perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat Karo khususnya desa yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Terkelin juga berharap agar pembentukan ketiga desa tahap pertama yang telah direlokasi dan rencana relokasi tahap ketiga untuk tiga desa dan satu dusun di kawasan relokasi Siosar, dapat segera dilaksanakan.

Ketiga desa dan satu dusun tersebut yakni Desa Sukanalu, Sigarang-garang (Kecamatan Namanteran), Desa Mardinding (Kecamatan Tiganderket) dan Dusun Lau Kawar, Desa Kuta Gugung (Kecamatan Namanteran).

Sementara, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI Drs. Aferi Syamsidar Fudail M.Si menjelaskan, penataan administrasi pemerintahan desa sangat penting, karena menjadi simpul dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Oleh karena itu, kita akan melakukan tindak lanjut untuk berkoordinasi di lintas kementerian/ lembaga untuk menuntaskan permasalahan desa yang terkena relokasi, sehingga desa yang di relokasi ini harus jelas dan memiliki legalitas,” jelas Aferi.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, acara ini diisi dengan diskusi dan dialog serta pemberian cinderamata antara Pemkab Karo dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri RI.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, Sekdakab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Karo Drs. Suang Karo-Karo, para Kepala OPD Karo serta seluruh Camat se Kabupaten Karo.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas