Daerah

Pabrik Sweet Potato Starch akan Dibangun di Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH berfoto bersama Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna usai berdiskusi terkait rencana pembangunan industri kecil pabrik Sweet Potato's Starch di Karo. SUMBER/trims

TANAH KARO – SUMBER

Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna se Jabotabek sekitarnya berencana membangun industri kecil pabrik Sweet Potato’s Starch di Kabupaten Karo. Pembangunan pabrik ini bertujuan untuk memberdayakan petani dan meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Karo.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna se Jabotabek sekitarnya, Ir. Setia Purba saat menggelar diskusi bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di Hotel Sinabung Resort Berastagi, Kamis (1/3/2018).

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo didampingi oleh Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba STP MM, Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba, Kepala Dinas PMD Karo Abel Tarwai Tarigan, Kabag Perekonomian Topan Daniel Ginting dan Dirut PDAM Tirta Malem Arvino Hamsyari.

Menurut Setia Purba, pemberdayaan petani atau pemilik lahan pertanian di Karo, belum menjadi prioritas pemerintah. Hingga kini, petani baru disentuh bantuan berupa subsidi pupuk, sehingga kehidupan petani atau pemilik lahan pertanian masih jauh dari kata layak.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan pioner-pioner yang kreatif untuk menfaatkan lahan pertanian yang luasnya sangat terbatas guna memproduksi hasil pertanian yang khusus sebagai bahan baku untuk industri khusus, sehingga harga hasil pertanian dapat terjamin.

“Hal ini sudah terlihat dari pengalaman petani kelapa sawit. Sebagian besar petani kelapa sawit menggunakan modal sendiri tanpa bantuan pemerintah, namun berkembang begitu pesat. Ini dikarenakan harga pasar kelapa sawit memiliki jaminan berupa kondisi internasional dan sulit untuk berspekulasi,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan, pembangunan pabrik Sweet Potato’s Starch ini nantinya membutuhkan ubi jalar untuk dijadikan tepung. Ini merupakan makanan dalam kategori Green Food dengan kadar lemak dan kolestrol yang sangat rendah.

Menanggapi itu, Bupati Karo menyatakan pihaknya mendukung penuh rencana yang akan diterapkan oleh Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna se Jabotabek, yang ingin membantu Kabupaten Karo menggalakkan menanam ubi jalar bagi petani yang ingin menanam tumbuhan tersebut.

“Bagi petani yang ingin menanam ubi jalar, dapat berkoordinasi dengan pihak Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna agar dibuat kesepakatan (MoU) terkait harga, sistem penanaman, pengadaan bibit hingga soal keuntungan,” jelas Terkelin.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo akan membantu mencari lokasi lahan untuk rencana pembangunan pabrik ini di Karo. “Terima kasih kepada Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna se Jabotabek, karena telah berkenan menanam modal begitu besar demi kemajuan Tanah Karo,” tuturnya.

Sementara, Iwan Purba selaku perwakilan komunitas tersebut di Karo menjelaskan, bagi petani yang ingin berkonsultasi untuk penanaman hingga penjualan ubi jalar tersebut, dapat menghubungi di kontak person 082160616888. “Saya akan jelaskan semuanya, agar petani paham dan mengerti,” jelas Iwan.

Turut hadir dalam diskusi tersebut diantaranya, Penasehat Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna se Jabotabek Majek Brahmana, Seketaris Umum Ir. Jaya Purba, Bendahara Umum Josep Purba dan Sekretaris 2 Ari Purba ST MT.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas