Daerah

Kementerian PUPR Gelar Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Operator Alat Berat di Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba dan Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Kontruksi Ditjen Bina Kontruksi Kementerian PUPR Ober Gultom dalam acara pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi operator alat berat. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi operator alat berat untuk Karo dan Dairi di Hotel Internasional Sibayak Berastagi, Senin (26/3/2018). Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para pekerja konstruksi pemula yang akan bekerja dan mengoperasikan alat berat sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia agar dapat bekerja dengan baik dan berkualitas.

Sedangkan uji sertifikasi kompetensi operator alat berat merupakan salah satu upaya menambah dan meningkatkan taraf operator alat berat yang sudah ada, baik di Karo dan Dairi yang belum bersertifikat agar memiliki sertifikat, sehingga para operator dapat bekerja lebih baik lagi dan dapat bersaing dalam persaingan global.

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyampaikan bahwa operator alat berat merupakan profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam hal pengoperasian. Hal ini mengingat wilayah Karo sampai saat ini masih terus terkena dampak erupsi Gunung Sinabung serta aliran lahar dingin.

“Disini perlu pengoperasian alat berat yang handal serta memiliki sertifikasi dalam pengoperasian alat berat di lapangan. Pemkab Karo sangat mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan, kegiatan ini nantinya akan menghasilkan operator alat berat yang handal,” pungkas Terkelin.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Kontruksi Ditjen Bina Kontruksi Kementerian PUPR Ober Gultom, Kepala Balai Material Kontruksi Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Tolhas Sidabutar, Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, Dinas PUPR Dairi, para operator alat berat Karo dan Dairi.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas