Daerah

Djarot Kunjungi Lokasi Pengasingan Bung Karno di Lau Gumba

Cagubsu Djarot Saiful Hidayat berfoto di depan patung raksasa Bung Karno di Desa Lau Gumba. SUMBER/pardi simalango

TANAH KARO – SUMBER

Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) Drs. Djarot Saiful Hidayat MS mengunjungi lokasi pengasingan Presiden RI pertama Ir. Soekarno (Bung Karno) di Desa Lau Gumba, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa (13/3/2018).

Kunjungan ini dilakukan bersamaan dengan beberapa agenda kampanye di Karo. Kehadiran Djarot bersama beberapa kader PDI Perjuangan setelah sebelumnya mampir di warung wajik di Desa Sempajaya (Peceren), Kecamatan Berastagi.

Dalam kesempatan ini, Djarot menyampaikan bahwa lokasi pengasingan Bung Karno merupakan salah satu situs sejarah yang harus dirawat dan dipelihara. Lokasi yang kini dijadikan sebagai mess Pemprovsu ini, merupakan bukti sejarah perjalanan dan perjuangan para pendiri bangsa.

“Masyarakat harus tahu bahwa Bung Karno pernah diungsikan kesini,” kata Djarot ketika melihat ruangan dan tempat tidur yang digunakan Bung Karno bersama mantan Menteri Luar Negeri Agus Salim dan mantan Perdana Menteri Sutan Syahrir selama berada dalam pengasingan.

Menurut cagubsu pasangan Sihar Sitorus ini, Bung Karno pernah direncanakan akan dibunuh oleh penjajah di lokasi tersebut. “Berdasarkan catatan sejarah, Presiden RI pertama Bung Karno pernah mau dihabisi disini,” ungkap calon bernomor urut dua tersebut.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Blitar ini juga melihat pohon beringin dan pendopo yang digunakan Bung Karno selama diungsikan. Djarot juga menggelar foto di patung raksasa Bung Karno yang berdiri gagah di halaman lokasi pengasingan.

Sementara, penjaga mess lokasi pengasingan Bung Karno Sugeng Priyono menyebut, lokasi pengasingan Bung Karno tersebut sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. “Bung Karno hanya belasan hari diasingkan disini. Jadi tidak banyak yang dilakukan beliau disini,” jelas Sugeng.

Turut hadir beberapa pengurus dan kader PDI Perjuangan saat mendampingi Djarot diantaranya, Siti Aminah br Perangin-angin, Baskami Ginting, Taufan Agung Ginting, Iriani br Tarigan, Lusia br Sukatendel dan yang lainnya.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas