Daerah

Bupati Karo Tinjau Lokasi Luapan Air Parit di Jalan Selamat Ketaren

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP dan lainnya saat meninjau lokasi genangan air. SUMBER/pardi simalango

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meninjau lokasi drainase yang tergenang air saat musim hujan di Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, Jumat (9/3/2018). Hal ini dilakukan menyikapi keluhan yang disampaikan oleh warga setampat beberapa hari sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo Ir. Paten Poerba, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP dan Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Hotman Brahmana.

Di lokasi tersebut, Terkelin meminta Camat Kabanjahe agar bergotong royong dengan warga untuk mengatasi masalah tersebut. “Biasanya air meluber ke badan jalan akibat drainase (parit jalan) tidak berfungsi maksimal. Untuk itu, parit jalan ini harus dibersihkan dari limbah dan sampah,” jelasnya.

Meski demikian, kata dia, jika parit sudah dibersihkan dan air tetap meluap ke badan jalan, kemungkinan gorong-gorong persimpangan Jalan Kapten Selamat Ketaren ke Gang Ginting Sinterem, perlu dibongkar untuk selanjutnya ditinggikan.

“Dengan demikian nantinya, ruang gerak arus air dibawah gorong-gorong semakin luas. Otomatis parit jalan ini akan berfungsi dengan baik,” jelas Terkelin usai melihat slep (penutup) parit jalan dibuka.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba. Diterangkan, gorong-gorong yang terlalu rendah, mempersempit ruang gerak air yang mengalir dan berakibat meluapnya air ke badan jalan. “Gorong-gorong ini harus ditinggikan,” tutur Paten.

Selain itu, lanjutnya, meluapnya air dari drainase tersebut, diakibatkan faktor lain. “Di persimpangan pertemuan dua parit jalan diduga sumbat, sehingga saluran untuk genangan air mengalir tidak ada. Otomatis pasca hujan, genangan air selalu ada,” jelasnya.

Menanggapi itu, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti mengatakan, pihaknya akan bergotong-royong bersama warga pada hari Selasa depan. “Dengan gotong-royong, kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan akan muncul dan memiliki rasa tanggung jawab bersama menjaga lingkungan bersih,” ujarnya.

Sementara, sejumlah warga setempat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Karo yang telah merespon keluhan mereka. Keluhan tersebut disampaikan kepada awak media di Kabanjahe, Rabu (7/3/2018).

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas