Daerah

Bupati Karo dan Dandim Hadiri Rakornis TMMD ke 101 di Jakarta

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE dan Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si saat menghadiri Rakornis TMMD ke 101 tahun 2018 di Hotel Ciputra, Grogol, Jakarta Barat. SUMBER/trims

JAKARTA – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 di Hotel Ciputra, Grogol, Jakarta Barat, Selasa (13/3/2018).

Rakornis ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. Dr. Muhajir Effendy MAP bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Disela-sela kegiatan bertema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”, Terkelin menyampaikan jika kegiatan ini sifatnya untuk saling berkoordinasi antar instansi terkait. Ia mengharapkan, kegiatan ini menghasilkan keputusan bermanfaat bagi kelancaran program TMMD 2018.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di wilayah, khususnya di Karo,” ungkap Terkelin didampingi Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si.

Disampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan visi, misi dan persepsi serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan program TMMD ke 101 tahun 2018.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE menyampaikan, pelaksanaan Rakornis TMMD ini sebagai pedoman kegiatan agar tidak menyimpang dari program sehingga dapat berjalan dengan lancar dan berhasil serta sesuai dengan yang telah direncanakan.

Disamping itu, kata dia, kegiatan ini sekaligus untuk sinkronisasi TMMD agar dapat dijadikan sebagai acuan, bagaimana membangun desa serta mewujudkan percepatan desa. Kegiatan ini dikomandoi oleh TNI manunggal dengan masyarakat.

“Rakornis ini untuk memberikan gambaran kepada komando atas dan pemerintah pusat/ daerah yang pelaksanaannya secara terpadu dan terencana. Sehingga dapat dijadikan sebagai bahan mengambil kebijakan dan selanjutnya kegiatan tersebut dapat terlaksana,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si menuturkan, pelaksanaan TMMD dinilai sangat penting dan memiliki manfaat yang sangat besar yakni untuk mengakselerasi pembangunan dipedesaan. Untuk tahun ini, kata dia, Pemkab Karo sudah menganggarkan dana kegiatan tersebut senilai 1,2 miliar.

“TMMD ini akan dilaksanakan di Desa Pertumbuken – Desa Serdang, Kecamatan Barusjahe. Sasaran kegiatan ini meliputi  pembukaan jalan sekitar 3 Km, perbaikan lantai jembatan, pembuatan bronjong, pemasangan riol, pembinaan/ penyuluhan masyarakat serta pembangunan fasilitas umum,” papar Sianturi.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas