Daerah

DPD PMS Karo Bantu Petani Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

Pengurus DPD PMS Kabupaten Karo saat menyerahkan bantuan bibit atau benih tomat F1 Hibrida. SUMBER/julius sandaya s

TANAH KARO – SUMBER

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Karo membantu warga petani terdampak erupsi Gunung Sinabung di tiga kecamatan di Karo, Jumat (23/2/2018). Ketiga kecamatan ini terpapar debu vulkanik dalam jumlah yang besar akibat erupsi setinggi 5.000 meter beberapa hari lalu.

Ketua DPD PMS Kabupaten Karo Beres Brahmana dalam kesempatan ini menyampaikan, bantuan yang disalurkan kepada petani berupa bibit atau benih cabai dan tomat Filial-1 (F1) Hibrida dalam bentuk kemasan serta uang tunai Rp 10 juta dari Ketua Umum PMS Indonesia Mbelin S Brahmana.

Disampaikan Beres yang didampingi Bendahara DPD PMS Karo Rode Juniati br Milala, bantuan pertanian ini disalurkan di tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Payung (Desa Payung), Kecamatan Tiganderket (Desa Perbaji dan Desa Sukatendel) dan Kecamatan Kutabuluh (Desa Bintang Meriah).

“Bantuan ini diserahkan langsung di lahan pertanian milik petani. Seluruh bantuan terkumpul dari partisipasi masyarakat serta jajaran pengurus dan anggota PMS dari berbagai daerah. Bantuan untuk dua kecamatan lainnya yakni Kecamatan Munthe dan Kecamatan Simpang Empat, akan menyusul,” jelas Beres di lahan pertanian milik warga di Desa Perbaji.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, Sekretaris DPD PMS Karo Ir. Jesaya Sinulingga menyerahkan bantuan pertanian tersabut kepada Dedi Fernando Ginting selaku pemilik lahan pertanian di Desa Perbaji. Usai penyerahan bantuan, Jesaya mengajak para petani di desa tersebut untuk berdoa guna meminta agar bencana ini dapat segera berakhir.

“Semoga bantuan bermanfaat bagi petani di lingkar Sinabung. Lahan pertanian disini banyak yang hancur dan berakibat gagal panen. Kondisi ini membuat petani merugi dan berdampak kepada perekonomian para petani. Kami belum bisa memberikan bantuan secara keseluruhan. Semoga lebih banyak pihak yang peduli terhadap nasib para petani,” harap Jesaya.

Sementara, Dedi Fernando Ginting mengungkapkan rasa syukurnya atas pemberian bantuan tersebut. “Terima kasih kepada PMS Indonesia atas bantuan, motivasi, spirit dan harapan yang telah diberikan. Semoga PMS semakin jaya. Salam Merga Silima,” tutup Dedi.

  • JULIUS SANDAYA S
Ke Atas