Daerah

Desa Sirumbia di Karo Terpilih Sebagai Desa Percontohan

TP PKK Kabupaten saat menggelar pertemuan dengan warga Desa Sirumbia di Jambur Desa Sirumbia, Rabu (21/2/2018). SUMBER/julius sandaya s

TANAH KARO – SUMBER

Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, terpilih sebagai satu-satunya desa percontohan dari seluruh desa di Kabupaten Karo. Desa ini rencananya akan diperlombakan pada tahun ini bersama tujuh desa dari kabupaten lain untuk tingkat kabupaten dengan masing-masing kategori yang berbeda.

Desa Sirumbia terpilih sebagai desa percontohan dalam rapat harmonisasi program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se Kabupaten Karo Tahun 2018 yang digelar di Jambur Pemkab Karo, Senin (19/2/2018) lalu. Rapat ini dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu menyampaikan, pengangkatan Desa Sirumbia sebagai desa percontohan sudah memperoleh Surat Keputusan (SK) dari Bupati Karo dalam kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes).

“Ini merupakan program baru. Kita harus berjuang dan belajar. Masyarakat harus semangat, bekerja sama untuk bisa mengharumkan nama desa. Kita ingin bisa menang nantinya sehingga bisa mengangkat nama desa, kecamatan,  kabupaten bahkan provinsi. Masyarakat harus merasa ini adalah tanggung jawab dan kebanggaan bersama,” kata Arijona.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, warga Desa Sirumbia diantaranya ibu-ibu PKK, anak-anak, remaja, karang taruna dan pemerintahan desa menggelar pertemuan dengan para pembimbing dari TP PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, PKK Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karo, pemerintahan Kecamatan Simpang Empat di Jambur Desa Sirumbia, Rabu (21/2/2018).

Acara diawali dengan senam yang dipimpin oleh Ibu TP PKK Kecamatan Simpang Empat Imelda br Sitepu dan pengenalan serta pemahaman tentang PAAR dan KB Kes oleh Kepala Dinas PPPA Kabupaten Karo dr. Hartawaty br Tarigan. Selanjutnya, penjelasan tentang program PKK Kabupaten oleh perwakilan TP PKK Kabupaten yakni Nurmala Hutauruk dan Suherni Ariadi.

Nurmala Hutauruk dalam menyampaikan sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariaty Terkelin Brahmana mengatakan, keluarga merupakan kekuatan terbesar dalam mencerdaskan anak bangsa. Disampaikan, PKK merupakan mitra pemerintah yang memiliki peran penting dalam membantu menyelesaikan persoalan, karena kegiatan PKK bisa masuk ke segala bidang kehidupan.

“PKK bisa menjadi media pelaksana program kegiatan SKPD seperti bidang kesejahteraan sosial diantaranya, bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pangan, pelestarian lingkungan dan lainnya. Hal ini sesuai dengan misi utama PKK bersama pemerintah mensukseskan program – program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” tutupnya.

  • JULIUS SANDAYA S
Ke Atas