Daerah

Bupati Karo Resmikan Gedung Tourist Information Centre di Berastagi

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang meresmikan gedung TIC, belum lama ini. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meresmikan gedung baru Tourist Information Centre (TIC) di Jalan Gundaling No. 1 Berastagi, belum lama ini. TIC dinilai sangat bermanfaat bagi wisatawan guna mengetahui objek-objek wisata apa saja yang ada dan yang ingin dikunjungi di Karo.

Turut hadir dalam peresmian ini diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Wakapolres Karo Kompol Effendi Situmorang SH, perwakilan dari Dandim 0205/TK, para SKPD, BUMN serta pelaku wisata dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo menyampaikan, berbagai upaya terus dilakukan pihaknya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Karo. Selain melihat objek wisata, sarana prasarana wisata juga harus diutamakan seperti akses menuju objek wisata, selain fasilitas umum seperti home stay, hotel, desa budaya, atraksi seni budaya dan pelaku kreatif.

Karena itu, kata dia, dalam pelaksanaannya perlu menjalin kemitraan antara pemerintah dan pengusaha atau swasta. Untuk itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Karo lebih kreatif dan selalu bersinergi dengan semua pihak. Paket-paket wisata diperbanyak dengan melibatkan semua pihak.

“Gedung Tourist Information Centre ini harus difungsikan sebagaimana mestinya dan berperan memajukan pariwisata daerah dengan menyediakan segala informasi wisata Karo, termasuk wisata Volcano Park Sinabung,” jelas Terkelin.

Disamping itu, lanjutnya, bagaimana meningkatkan produk home industri, baik pengemasan dan pemasarannya, guna meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.

Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga kebersihan di lingkungan objek wisata, membangun destinasi yang dibutuhkan pengunjung sehingga selain berwisata sekaligus bagaimana cara menarik wiasatawan untuk datang dan merasa betah.

“Objek wisata kita sudah terkenal di seantero Nusantara bahkan mancanegara yang didukung iklim udara yang sejuk sepanjang musim menjadi daya tarik tersendiri yang sulit ditemukan di daerah lain,” imbuhnya.

Polres Karo juga ingin bersinergi dengan Pemkab Karo terkait untuk pengamanan  wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisata yang ada di Karo. Polisi Pariwisata akan ditempatkan di gedung Touris Information Centre.

“Selain itu, kita juga sangat menginginkan agar pelaku wisata merasa aman dan nyaman ketika melakukan kunjungan wisata ke daerah ini. Jagalah kebersihan di sekitarnya dan rawatlah sebaik mungkin supaya kita juga nyaman,” tutup Terkelin.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo Ir. Mulia Barus  mengatakan, fasilitas serta layanan  informasi pariwisata akurat dan terbaru kepada siapa saja membutuhkan, salah satu tempat melakukan promosi.

Begitu juga sebuah destinasi dalam meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan yang berkunjung, fungsi manfaat TIC promosi misalnya travel advice dan support pusat penjualan edukasi.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas