Daerah

Pemuda Katolik Sumut Gelar Kursus Kepemimpinan Dasar di Karo

Pemuda Katolik berfoto bersama usai pelaksanaan Kursus Kepemimpinan Dasar di aula Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Kabanjahe. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sumatera Utara menggelar Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) di aula Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Kabanjahe. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu – Minggu, 2 – 3 November 2017.

Dengan mengusung tema, “Melahirkan Kader Muda Katolik yang Militan dan Tangguh Dengan Semangat 100 % Katolik dan 100 % Indonesia”, acara ini diikuti oleh 40 orang peserta kaum muda Katolik yang berasal dari Kota Madya Medan, Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Karo.

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Karo Johanis Singarimbun SH yang juga selaku panitia lokal dalam kesempatan ini mengapresiasi KKD yang diselenggarakan di Karo.

“Ini menjadi dorongan dan motivasi bagi kaum muda Katolik di Karo untuk semakin aktif dan ambil bagian didalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan terlibat aktif didalam kehidupan gereja, sosial ekonomi dan politik, khususnya dalam memajukan Kabupaten Karo,” pungkas Johanis.

Sementara, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sumatera Utara Hotdiman Manik menyampaikan, KKD merupakan jenjang pendidikan kaderisasi tingkat dua setelah Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) di organisasi Pemuda Katolik.

Menurutnya, kursus ini menjadi batu pondasi dan dasar kepemimpinan dalam hidup kaum muda Katolik. Kedepannya, kata dia, kaum muda Katolik akan menjadi pemimpin didalam keluarga, gereja dan masyarakat, terkhusus bagi kader Pemuda Katolik di Sumut agar andil dan berperan dalam menyukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2018 mendatang.

“Setelah Kursus Kepemimpinan Dasar ini selesai, peserta yang lulus akan mengikuti kursus lanjutan ke Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Medan pada tanggal 15 – 17 Desember 2018 mendatang,” jelas Hotdiman.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Dewan Penasehat Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sumatera Utara Johanes Naibaho. Ia meminta agar peserta yang mengikuti kursus, harus menjadi kader yang militan dan tangguh ditengah zaman milenial.

Pastor Ramses Nainggolan OFM Cap selaku Pastor Moderator Pemuda Katolik Kabupaten Karo menyampaikan, selaku orang muda Katolik harus memegang teguh kecintaan terhadap gereja dan negara.

“Sebagai bentuk tanggungjawab, orang muda Katolik harus mengatualisasikan diri didalam kehidupan sosial kemasyarakatan, ekonomi dan politik, dengan cara menghargai martabat manusia, adil, memiliki nilai solidaritas, fair didalam mengemban tugas-tugas dan amanah,” pungkas Ramses.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, dua orang mantan pengurus Pemuda Katolik Kabupaten Karo yakni Ketua CU. Bahagia Kabanjahe Junias Bravo Tarigan, Kepala SMA Katolik 2 Kabanjahe Drs. Firdaus Sembiring Depari. Keduanya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan sedemikian rupa terus berlanjut guna pengembangan Kaum Muda Katolik.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas