Daerah

Kabupaten Karo dan Lombok Utara Bekerja Sama Gali Potensi Wisata

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH berfoto bersama Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar SH MH di Pendopo Joglo (Alm) Ibu Tien Soeharto di Solo, Minggu (10/12/2017). SUMBER/pardi simalango

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar SH MH berbagi pengalaman memajukan pariwisata di kedua daerah. Ini dilakukan saat keduanya bertemu di Pendopo Joglo (Alm) Ibu Tien Soeharto di Solo, Minggu (10/12/2017).

Dalam kesempatan ini, Bupati Lombok Utara memaparkan kepada Bupati Karo sekilas tentang Kabupaten Lombok Utara yang memiliki banyak kekayaan alam yang menyimpan potensi besar sebagai objek wisata. Beberapa objek wisata disana yakni air terjun, desa adat, bangunan bersejarah dan pantai yang eksotis.

Menurutnya, banyak tempat wisata di Lombok Utara yang cukup dikenal dan tidak asing bagi wisatawan yang kerap dikunjungi sebagai tempat berlibur.

Beberapa tempat tersebut diantaranya, Pantai Tiga Gili, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Gangga, Tiu Ngumbak, Air Terjun Perawan, Pantai Sire, Pantai Pasir Putih Nan Kece, Pantai Tebing, pantai dengan tebing batu pasir hasil letusan Gunung Samalas, Desa Gumantar, Masjid Kuno Bayan, Lokok Piko dan yang lainnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengaku sangat kagum akan objek-objek wisata yang dimiliki Lombok Utara. Menurutnya, kawasan wisata ini begitu menarik perhatian wisatawan dan andalan mendongkrak perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Utara.

Disampaikan, Pemkab Karo akan bekerja sama dengan Lombok Utara untuk menggali potensi wisata di kawasan masing-masing. “Jika perlu, kita akan mengikuti cara-cara promosi pariwisata yang dilakukan oleh Pemkab Lombok Utara,” kata dia.

Menurutnya, objek wisata Karo seperti Tongging, Gundaling, Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Gunung Sibayak, Namo Karang, Air Terjun Sikulikap, Danau Lau Kawar dan yang lainnya, sangat berpotensi jika dikelola secara proposional dan tidak kalah saing.

“Hanya butuh pembenahan dan kolaborasi bersama stakeholder dan Dinas Pariwisata. Dalam waktu dekat, Bupati Lombok Utara akan mengundang Dinas Pariwisata Karo  untuk berkunjung ke Lombok Utara guna memperkenalkan keindahan alam Lombok Utara,” pungkas Terkelin.

Lebih jauh disampaikan, pemerintah pusat saat ini tengah menggalakkan Visit Wonderful Indonesia (VIWI) 2018. Untuk itu, kata dia, kerja sama ini akan terus berlanjut. Dinas Pariwisata Karo akan berkunjung ke Lombok Utara. Sebaliknya, Dinas Pariwisata Lombok Utara akan berkunjung Karo.

“Bupati Lombok Utara ingin melihat langsung keindahan alam wisata di Karo. Beliau juga ingin melihat secara langsung Gunung Sinabung, sehingga dianggap sebagai gunung yang unik. Ini adalah pesan beliau,” tutup Terkelin.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas