Daerah

Agustatius Sitepu Teteskan Air Mata di Acara Pisah Sambut

Letkol Inf Agustatius Sitepu bersama istri, Ny Ester Agustatius Sitepu tampak meneteskan air mata saat menyampaikan kesan dan pesan dalam acara pisah sambut Dandim 0205/TK di Makodim 0205/TK. SUMBER/pardi simalango

TANAH KARO – SUMBER

Sedih bercampur haru benar-benar menaungi hati Letkol Inf Agustatius Sitepu saat menyampaikan kesan dan pesan di acara pisah sambut yang digelar di lapangan Makodim 0205/TK Desa Raya Berastagi, Selasa (7/11/2017).

Ya, ini lantaran ia harus menanggalkan jabatan lamanya sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0205/TK dan dipercaya mengemban jabatan barunya sebagai Kepala Staf Korem (Kasrem) 022/PT. Jabatan lamanya diisi oleh Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE.

Suasana hening menyelimuti Kodim 0205/TK tatkala Agustatius menyampaikan kesan. Air matanya akhirnya menetes dihadapan 2.000 an tamu undangan dan prajurit TNI. Sang istri, Ny Ester Agustatius Sitepu yang saat itu mendampinginya, turut hanyut dalam suasana itu.

Sembari menyandarkan kepala ke lengan kiri sang suami, air matanya juga ikut berlinang. “Waktu saya ditugaskan pertama kali disini, dalam hati saya bertanya. Sanggupkah saya menjalani tugas disini. Akan tetapi, setelah menjalaninya selama dua tahun dua bulan dan sekarang pindah tugas, perasaan semakin sedih karena sangat berat untuk melangkah,” tuturnya.

“Ini tanah kelahiran saya. Saya lahir di Desa Sigarang-garang, salah satu desa terdampak erupsi Gunung Sinabung. Suka duka dalam bertugas, apalagi sebagai Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung begitu berkesan,” kenangnya.

Letkol Inf Agustatius Sitepu bersama Dandim 0205/TK yang baru, Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang dan unsur Forkopimda Karo saat acara pisah sambut Dandim 0205/TK. SUMBER/Ist

Ia mengisahkan, sejak ia bersekolah hingga dapat meraih jabatan seperti saat sekarang ini, semuanya berkat dukungan orang tua. “Saya menjadi Dandim hingga jadi Kasrem 022/PT, berkat doa ibu. Saya sangat berterima kasih kepada ibu yang sudah mendidik dan membesarkan saya, meski ibu saya sudah tidak mengerti apa jabatan saya miliki saat ini,” lirihnya.

Suasana kian haru saat Agustatius mengisahkan perjalanan hidupnya bersama orang tua yang hanya mampu mengisi perut dengan nasi dan ikan asin. Itu lantaran ibunya hanyalah seorang tukang jahit. “Ikan paling mewah yang pernah kami makan adalah ikan kembung rebus,” kenangnya.

Akan tetapi, kata dia, berkat kerja keras, itu semua dapat terlewati. Ia berpesan, jika kita berbuat terbaik, jujur dan ikhlas dalam menjalankan tugas, pasti semua berjalan dengan baik juga. Karena, setiap langkah kita adalah pertaruhan.

“Kuncinya, berbuat terbaik, jujur dan ikhlas. Saya hanya seorang anak tukang jahit. Seperti yang pernah ditulis oleh seorang wartawan, “Anak Tukang Jahit itu, Kini Menjadi Dandim”. Saya sangat terharu dan menangis, apalagi mengingat ibu saya,” kenangnya disambut riuh tepuk tangan para tamu undangan.

Untuk diketahui, Letkol Inf Agustatius Sitepu sebelumnya sudah menjalani upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sebagai Kasrem 022/PT, di aula Gupala Makorem 023/KS, Jalan Datuk Itam Sibolga, Sabtu (4/11/2017) lalu.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, acara pisah sambut ini dirangkai dengan penampilan dari Aurel Sinuhaji sang finalis Idola Cilik dan adiknya Eygra Sinuhaji sang finalis The Voice Kids Indonesia. Selain itu, persembahan lagu ciptaan Letkol Inf Agustatius Sitepu yang dinyanyikan Trio B’ Voice dari SMA Negeri 1 Kabanjahe.

Para tamu undangan juga terlihat silih berganti memberikan cenderamata dan salam perpisahan diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Sekretaris BPBD Sumut dr. Sabrina br Tarigan MARS, unsur Forkopimda Karo, Kepala SKPD Pemkab Karo, pimpinan BUMN/ BUMD, para Camat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0205/TK.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas