Daerah

Siswa SMPN 1 Namanteran Raih Peringkat 1 di OSN Tingkat Kabupaten Karo 2017

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Namanteran, Drs. Justin Tarigan berfoto bersama Erysa Rifsy br Ginting, siswa SMP Negeri 1 Namanteran peraih peringkat 1 bidang studi IPA pada OSN SMP tingkat Kabupaten Karo 2017. SUMBER/pardi simalango

TANAH KARO – SUMBER

Erysa Rifsy br Ginting, siswa SMP Negeri 1 Namanteran meraih peringkat 1 bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat Kabupaten Karo 2017. Erysa merupakan pelajar korban erupsi Gunung Sinabung.

Perhelatan ini diikuti sebanyak 210 orang peserta se Kabupaten Karo, dengan mempertandingkan tiga mata pelajaran diantaranya, IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sembilan orang siswa berhasil meraih peringkat 1, 2 dan 3 dalam OSN ini.

Atas raihan prestasi tersebut, Erysa bersama 8 orang siswa lainnya menerima sertifikat, piagam dan uang pembinaan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti M.Pd. Menurutnya, tidak ada kata menyerah jika mau belajar.

“Meski kami sempat sekolah berpindah-pindah akibat Gunung Sinabung, cita-cita akan saya raih setinggi langit. Agar dunia bisa melihat, salah satu sekolah terdampak erupsi Gunung Sinabung telah melahirkan siswa yang pintar-pintar,” ujar Erysa didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Namanteran Drs. Justin Tarigan, belum lama ini.

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Namanteran Drs. Justin Tarigan menyebut jika keberhasilan siswa didiknya berkat kerja keras tim pembina olimpiade. Ia mengharapkan, prestasi yang diraih anak didiknya ini dapat menjadi bekal untuk mengikuti OSN tingkat provinsi sekaligus menjadi duta Pemkab Karo.

“Saya sangat bangga atas prestasi yang diraih anak didik kita ini. Hasil ini membuka mata hati kita untuk melihat lebih luas, bahwa tidak ada keberhasilan tanpa ada usaha. Prestasi gemilang telah diukir, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk tetap berusaha meraih prestasi,” pungkas Justin.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti M.Pd mengatakan, prestasi yang diraih para siswa SMP yang mengikuti seleksi OSN ini telah mengharumkan nama sekolah masing-masing. Meski demikian, kata dia, perjuangan belum usai karena OSN ini masih berlanjut di tingkat Nasional.

“Tetaplah semangat belajar agar mendapat hasil yang terbaik di kemudian hari. Untuk peserta lain yang belum meraih peringkat, jangan berputus asa. Tetaplah belajar, karena kesempatan masih panjang untuk meraih cita-cita,” pesan Eddi.

Adapun pelajar peraih peringkat 1, 2 dan 3 yang akan mewakili Kabupaten Karo di OSN provinsi yakni :

Untuk peringkat 1 masing-masing Erysa Rifsy br Ginting, siswa SMP Negeri 1 Namanteran (bidang studi IPA); Sandy Hizkia Sabastian Ginting, SMP Swasta Azizi Tigabinanga (Matematika) dan Dini Arini, SMP Swasta Letjen Jamin Ginting (IPS).

Untuk peringkat 2 masing-masing Lydia Riska Dini br Pinem, siswa SMP Negeri 1 Juhar (bidang studi Matematika); Joy Keleng Tian Montung, siswa SMP Negeri 1 Berastagi (IPA) dan Shinta br Lubis, siswa MTs Al Karomah Berastagi (IPS).

Sementara, untuk peringkat 3 masing-masing Khairun Nisa Milala, siswa SMP Negeri 2 Munte (bidang studi Matematika); Putri Peronika br Ginting, siswa SMP Swasta Musyawarah (IPA) dan Nikma Hariyani br Sinuraya, siswa SMP Negeri 1 Tiganderket (IPS).

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas