Daerah

Launching Perpustakaan di Kutambaru, Ini Sumbangan JR Saragih

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Bupati Simalungun DR JR Saragih dan Ketua DPRD Karo Nora Else br Surbakti menunjukkan buku dalam launching perpustakaan dan sarana bermain anak di Desa Kutambaru. SUMBER/bryan tarigan

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menggelar peluncuran (launching) perpustakaan desa dan sarana bermain anak di Desa Kutambaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Jumat (13/10/2017).

Perpustakaan dan sarana bermain anak ini berdiri diatas lahan seluas 2.000 m2 di sebuah bangunan tua milik pemerintah pusat. Kepala Desa Kutambaru Benyamin Sembiring memohon pinjam pakai lahan tersebut ke pemerintah pusat melalui Dinas Koperasi Kabupaten Karo Januari 2017 lalu.

Bupati Karo dalam kesempatan ini menyampaikan, pihaknya sangat mendukung launching perpustakaan dan sarana bermain anak tersebut. Menurutnya, ini sangat membantu untuk meningkatkan minat belajar dan membaca bagi anak-anak sekolah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Disamping itu, kata dia, juga menumbuhkan kepedulian bagi anak-anak sekolah maupun untuk orang umum. Disampaikan, dengan adanya perpustakaan ini, patut di syukuri karena membawa pendidikan yang lebih baik.

“Ini adalah kesempatan. Semakin banyak membaca buku, anak-anak sebagai generasi penerus dapat berinteraksi belajar seperti pengetahuan revolusi mental, yang mendidik dan mengajarkan wawasaan berpikir, cara pandang dan cara kerja. Semua ini didapat dengan kemauan membaca dan belajar,” jelas Terkelin.

Lebih lanjut, ia meminta kepada Kepala Bappeda Kabupaten Karo Ir. Nasib Sianturi untuk menganggarkan dana untuk kelangsungan perpustakaan tersebut. “Anggarkan dananya di APBD Karo. Ini sangat membantu untuk kemajuan perpustakaan,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Simalungun DR Jopinus Ramli (JR) Saragih SH MM turut hadir dalam kesempatan ini sebagai tokoh masyarakat dan warga setempat yang lahir di Desa Kutambaru. Ia mengungkapkan rasa bangganya atas kehadiran perpustakaan di tanah kelahirannya itu.

“Saya sangat bangga di kampung saya ini didirikan perpustakaan. Ini sangat membantu pendidikan. Dengan demikian, diharapkan ada Semangat Baru bagi warga Desa Kutambaru, khususnya anak-anak kita untuk lebih giat membaca agar membuka pikiran dan wawasan dalam menimba ilmu,” harap JR Saragih.

Menurutnya, kondisi perpustakaan tersebut belum memadai. Ia mengaku, hatinya merasa tergugah untuk membantu kemajuan perpustakaan itu. Untuk itu, dalam kesempatan ini ia membantu dana sebesar Rp 500 juta untuk dipergunakan membangun pagar perpustakaan dan yang lainnya.

Disamping itu, ia turut menyumbangkan majalah, kamus, buku pintar dan buku umum yang seluruhnya berjumlah 500 buku. “Semoga SD Kutambaru dan SMP Anjangsana di Desa Kutambaru dapat dijadikan sekolah negeri oleh Pemkab Karo. Disinilah saya sekolah dulu,” ungkap mantan siswa SMP Anjangsana ini.

Ketua DPRD Karo Nora Else br Surbakti melalui anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting mengaku mendukung program-program perpustakaan yang dianggarkan oleh Pemkab Karo. “DPRD Karo siap memperjuangkan rencana itu apabila diusulkan oleh Pemkab Karo,” jelas Thomas.

Hadir dalam launching ini diantaranya, Wakil Ketua DPRD Karo Inolia br Ginting, anggota DPRD Karo diantaranya Wasit Ginting, Jidin Ginting, Prasetya Ginting, Moni Pandia, Rapi Ginting, Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Karo Saroha Ginting, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Karo Eddy Surianta Surbakti dan Kepala Dinas PMD Karo Abel Tarwai Tarigan.

  • BRYAN TARIGAN
Ke Atas