Daerah

Desa Sempajaya Dicanangkan Jadi Kampung KB 2017

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang memukul gong saat membuka acara pencanangan Desa Sempajaya sebagai Kampung KB di Losd Dusun Lembah Katisan, Desa Sempajaya, Selasa (10/10/2017). SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, dicanangkan menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB) tahun 2017. Pencanangan Kampung KB ini dibuka oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang di Losd Dusun Lembah Katisan, Desa Sempajaya, Selasa (10/10/2017).

Atas pencanangan Desa Sempajaya sebagai Kampung KB, menandai bahwa masing-masing kecamatan di seluruh Kabupaten Karo telah memiliki Kampung KB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi KB dan Kesehatan Reproduksi (KR) Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Dr Ir Dwi Sulisyawardani M.Sc dan Kepala Bidang KB dan KR Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Sofyan Rangkuti.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Karo menyampaikan, pencanangan Kampung KB ini bertujuan umum untuk meningkatkan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo tentang pentingnya program pembangunan keluarga.

Program ini, kata dia, melalui pembangunan di segala sektor yang dimulai dari desa atau pinggiran untuk mewujudkan kualitas hidup manusia yang maju dan sejahtera serta membangun keluarga kecil bahagia yang sejahtera dan berkualitas.

“Kehadiran Kampung KB sangat penting, karena menjadi salah satu tumpuan pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia khususnya di daerah pemukiman yang padat penduduk, tertinggal, terpencil dan di perbatasan,” jelas Cory.

Menurutnya, Kampung KB berkaitan erat dengan pengembangan kegiatan prioritas pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Diharapkan, dengan pencanangan Kampung KB di seluruh Kabupaten Karo, akan terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Dua anak cukup. Dua anak merupakan potret keluarga ideal yang sejahtera, yang saling berbagi kasih sayang antar keluarga sendiri maupun dengan keluarga lain,” tutup Cory.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, pencanangan Kampung KB ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Karo sebanyak dua kali sebagai simbol dua anak cukup oleh Wakil Bupati Karo. Acara ini juga diisi dengan penyerahan bantuan Bina Keluarga Balita (BKB) Kit, Lanjut Usia (Lansia) Kit dan Obgyn Bed.

Turut hadir dalam kegitan ini diantaranya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Karo Drs. Seruan Sembiring, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Karo Drs. Djoko Sujarwanto, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Danramil Berastagi Mayor Inf Muchtar, Kepala Puskesmas Berastagi dr. Rahmenda, TP PKK dan Kepala Desa Sempajaya Milala Purba.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas