Daerah

Desa Gung Pinto Karo Raih Juara Harapan II UP2K Se Indonesia

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana berfoto bersama pengurus PKK Karo dalam acara peringatan HKG PKK ke 45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 di Ancol Jakarta, Selasa (3/10/2017). SUMBER/Ist

JAKARTA – SUMBER

Desa Gung Pinto, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, meraih juara harapan II se Indonesia kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 di Ancol Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Penghargaan berupa piagam ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Ny dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana bersama Ketua TP PKK Sumatera Utara Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi.

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana menyampaikan, meski masih dilanda bencana erupsi Gunung Sinabung, namun Desa Gung Pinto mampu bersaing dan menorehkan prestasi di tingkat nasional. Menurutnya, prestasi ini mengharumkan nama PKK Kabupaten Karo.

“Desa Gung Pinto sudah lama berinteraksi dengan UP2K yang bergerak dalam bidang simpan pinjam uang dan usaha peningkatan pendapatan keluarga. Misalnya, pembuatan keripik dari singkong, kentang dan labu. Semua hasil UP2K ini ditampilkan di acara ini untuk dilakukan penilaian oleh panitia,” jelas Sariati.

Ia juga merasa terharu dan sangat mensyukuri prestasi yang diraih tersebut. “Saya benar-benar tidak menyangka jika panitia memilih Desa Gung Pinto sebagai pemenang juara harapan II di kategori UP2K. Terima kasih atas penghargaan ini,” cetusnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum TP PKK juga menyerahkan uang pembinaan senilai Rp 14 juta serta piagam ‘Pakarti Madya II Tingkat Kabupaten’ kepada Ketua TP PKK Kabupaten Karo. Piagam ini merupakan penghargaan sebagai pelaksana terbaik UP2K.

“Kita patut bangga atas semua ini. Bukan karena hadiah uang, namun karena telah memperkenalkan dan mengharumkan nama Kabupaten Karo. Setidaknya kita telah mampu bersaing di sektor UP2K bahkan mengimbangi daerah-daerah lain yang sudah cukup maju lebih dulu,” pungkasnya.

Untuk itu, dalam kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini, ia berharap agar Kabupaten Karo dapat meraih prestasi yang lebih baik. “Semoga Kabupaten Karo tidak juara harapan II lagi, melainkan dapat meraih juara I umum,” harapnya.

Hadir dalam kesempatan ini diantaranya, istri Asisten I Pemerintahan Setdakab Karo Ny Suang Karo-Karo yang juga Wakil Ketua PKK Kabupaten Karo, Sekretaris PKK Kabupaten Karo Ny Aswin dan Wakil Sekretaris PKK Kabupaten Karo Ny Nesti Saragih dan Ny Bismar Ginting.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas