Daerah

Ketua PKK Karo : Dinas Pariwisata Masih ‘Abu-abu’ Promosikan Objek Wisata Karo

Ketua Tim PKK Kabupaten Karo, Sariati Sitompul Terkelin Brahmana di Stand Dekranasda Kabupaten Karo dalam pameran Kriya Nusa 2017 di JCC Senayan Jakarta. SUMBER/dok

JAKARTA – SUMBER

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dekranasda seluruh Indonesia digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta selama lima hari mulai Rabu – Minggu 27 September – 1 Oktober 2017. Rakernas ini secara resmi dibuka oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Pelaksanaan Rakernas ini diselenggarakan berbarengan dengan pameran Kriya Nusa 2017. Para peserta pameran adalah Dekranasda yang merupakan pengrajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peserta mandiri dan perwakilan pengrajin negeri sahabat anggota World Craft Council.

Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Karo, Sariati Sitompul Terkelin Brahmana mengatakan, Dekranas merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta juga peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan usaha tersebut.

Menurutnya, Dekranas berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah. Dirinya, kata dia, sengaja menyempatkan waktu untuk datang mengunjungi Stand Dekranasda Kabupaten Karo pada pagelaran ini.

“Saya sengaja datang. Namun saya sedikit kecewa, karena Dinas Pariwisata Karo belum menunjukkan perkembangan dalam sektor pariwisata. Mereka masih ‘abu-abu’ dalam mempromosikan objek wisata Karo, baik didalam negeri maupun luar negeri. Masih jauh dari yang diharapkan,” cetusnya.

Disampaikan, pihaknya akan mengeksplorasi lagi apa saja kerajinan-kerajinan Karo yang bisa dipromosikan dan menjadi ciri khas agar menjadi kebanggaan. Menurutnya, ini sangat penting sebagai simbol daerah Karo. Ada kerajinan yang terkenal dan diminati oleh turis lokal maupun mancanegara.

“Semua tidak terlepas dari peran Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan untuk meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Karo, sesuai dengan tema “Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda Kriya Indonesia”. Untuk itu, tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing dijagat Nusantara,” tegasnya.

Turut hadir dalam pembukaan pameran ini di Stand Dekranasda Karo diantaranya, Kepala Dinas Koperindag Almina Bangun, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Edison Karo-Karo, istri Asisten I Pemerintahan Setdakab Karo Ibu Suang Karo-Karo, istri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ibu Timotius Ginting dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Karo Drs. Joko Sujarwanto.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas