Daerah

Kementerian PU-PR Tinjau Lokasi Taman Seribu Bunga di Barusjahe

Tim Kementerian PU-PR saat meninjau rencana lokasi Taman Seribu Bunga di Kecamatan Barusjahe. SUMBER/Ist

TANAH KARO – SUMBER

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) RI melirik potensi wisata Taman Seribu Bunga di Lembah Badigulan, Desa Barusjahe, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Senin (18/9/2017).

Hal ini terlihat saat tim Kementerian PU-PR melakukan survei ke lokasi Taman Seribu Bunga tersebut berbarengan dengan survei Konsep Pengembangan Inkubasi Antar Kawasan Danau Toba – Kabanjahe – Sibolangit.

Sempurna Barus selaku pemilik Lembah Badigulan menyatakan kesiapan dirinya untuk membangun lahan miliknya tersebut menjadi kawasan wisata Taman Seribu Bunga. Hal ini diawali dari keinginan dirinya untuk membangun desa. Ia secara sukarela mengelola, menanam bunga dan mencoba mempromosikan kawasan tersebut.

Disamping itu, kata dia, ia ingin mengembalikan citra desa yang sempat rusak karena adanya berita hoax (bohong) yang sempat membuat heboh beberapa waktu lalu. Berita tersebut menggambar Taman Seribu Bunga sudah ada di Desa Barusjahe dan menampilkan gambar taman bunga yang ada di negara Jepang.

“Saya merasa bangga tim dari Kementerian PU-PR berkenan hadir untuk meninjau rencana lokasi taman bunga ini. Rencana ini diharapkan segera terealisasi agar dapat menambah pendapatan desa maupun daerah,” harap Sempurna.

Tim Kementerian PU-PR menghitung debit air untuk pengembangan wisata air di Kecamatan Barusjahe. SUMBER/Ist

Sementara, Koordinator Proyek Study dari Kementerian PU-PR Dr. Ir. Tony Yudiantono, MT melalui Hendra S ST MT menyebutkan, survei ini bertujuan untuk menginkubasi atau mempercepat pengembangan potensi kawasan Desa Barusjahe yang masuk dalam kajian konsep pengembangan Geopark Danau Toba.

Ia mengharapkan agar pengembangan Danau Toba juga membawa dampak bagi daerah-daerah yang akan dilalui. Untuk itu, ia mengajak pemerintah desa dan kecamatan untuk melakukan pemetaan potensi wisata ini.

“Kawasan Badigulan ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yang komplet, mulai dari taman bunga, sumber mata air serta sungai dan wisata alam,” paparnya.

Sekretaris Camat (Sekcam) Barusjahe Daut Sembiring SSTP MSP dalam kesempatan ini mengungkapkan terima kasih kepada tim Kementerian PU-PR yang telah menjadikan Kecamatan Barusjahe sebagai salah satu sampel pengembangan kawasan. Ia berharap ini dapat dijadikan masukan-masukan bagi pemerintah pusat untuk mengembangkan Kecamatan Barusjahe.

  • PARDI SIMALANGO

Ke Atas