Daerah

Pembinaan Wawasan Kebangsaan Digelar, Pelajar Diharapkan Miliki Semangat Juang Nasional

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH bersama Forkopimda saat memimpin upacara Pembinaan Wawasan Kebangsaan Tahun 2017 di SMA Negeri 1 Tigapanah, Senin (7/8/2017). SUMBER/dok

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara Pembinaan Wawasan Kebangsaan Tahun 2017 di SMA Negeri 1 Tigapanah, Senin (7/8/2017).

Dalam sambutannya, Terkelin Brahmana menyampaikan, Pembinaan Wawasan Kebangsaan ini dilaksanakan bertujuan agar pelajar dapat memiliki semangat perjuangan bersifat Nasional yang berlandaskan persatuan dan kesatuan bangsa.

Disampaikan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.

Menurutnya, generasi muda bangsa yang berjiwa tangguh, adil dan bijaksana akan sangat dibutuhkan bangsa untuk kelak menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang mampu menunjukkan kedewasaan dan jiwa kepemimpinan.

“Para siswa – siswi harus terus belajar dan berperan aktif memberikan pendapat terhadap kemajuan pembangunan Nasional khususnya pembangunan Karo. Hindari narkoba agar siswa – siswi menjadi cikal bakal penerus pembangunan yang sesuai dengan cita – cita pejuang kita,” cetus Terkelin.

Ia berharap, sekolah tidak hanya berprestasi secara akademik, akan tetapi harus mampu membangun kepribadian dalam mendidik dan membina anak bangsa yang memiliki potensi untuk terus memelihara komitmen kebangsaan.

“Guru juga harus berperan untuk selalu memberikan pemahaman tentang nilai – nilai Pancasila guna menjadikan siswa sebagai generasi penerus bangsa dan untuk masa depan yang lebih baik,” pungkas Terkelin.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan berdiskusi bersama seluruh siswa SMA Negeri 1 Tigapanah. Diskusi ini membahas tentang wawasan kebangsaan dan bahaya penggunaan narkoba yang dipandu oleh Forkopimda Karo.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, anggota DPRD Karo Jon Karya Sukatendel, Asisten I Pemerintahan Setdakab Karo Drs. Suang Karo – Karo, Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Karo Drs. Eddi Surianta Surbakti dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Karo Drs. Djoko Sujarwanto.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas