Daerah

Gelar Bakti Sosial, Puskesmas Berastagi Kemas Serangkaian Kegiatan

Wabup Karo Cory Sriwati Sebayang bersama pejabat lainnya saat menghadiri kegiatan bakti sosial di Puskesmas Berastagi. SUMBER/dok

TANAH KARO – SUMBER

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Berastagi menggelar kegiatan bakti sosial di Jalan Veteran Berastagi, Kamis (30/3/2017).

Serangkaian kegiatan yang digelar berupa donor darah, pemeriksaan HIV sukarela, imunisasi bayi, senam ibu hamil, pemasangan KB Implan, pemeriksaaan deteksi dini Kanker Serviks dengan metode Iva dan pencabutan gigi anak.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Bupati (Wabup) Karo Cory Sriwati Sebayang, Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Agustatius Sitepu, sejumlah anggota DPRD Karo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo dr. Johanes Sitepu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, pimpinan BPJS, PMI, Muspika Berastagi dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Wabup Karo Cory Sriwati Sebayang mengapreasi pihak panitia penyelenggara kegiatan. Dikatakan, perlu diketahui bahwa donor darah sangatlah penting. Selain menyumbangkan darah, kata dia, donor darah berfungsi mengurangi penyakit seperti jantung, kolestrol, hipertensi dan lainnya.

“Puskesmas ini adalah milik kita bersama dari semua kalangan suku. Bukan hanya tempat berobat bagi masyarakat Berastagi, melainkan untuk masyarakat umum. Kita jadikan Puskesmas ini sebagai Puskesmas unggulan. Mulai dari dokter yang terlatih dan menjaga keindahan serta kebersihan yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat,” kata Cory.

Sementara, Kepala Puskesmas Berastagi dr. Rahmenda Sembiring memaparkan, wilayah kerja Puskesmas Berastagi terdiri dari 4 desa dan 4 kelurahan dengan jumlah penduduk 38.126 jiwa.

Untuk peserta BPJS yang terdaftar berjumlah 16.000 orang, bangunan Puskesmas 21 ruangan, petugas Puskesmas 39 orang terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 13 perawat, 3 perawat gigi, 8 bidan, 1 SKM, 1 d1 gizi, 1 analis, 2 farmasi, 2 LCPK serta 3 Kesling.

Lanjut dipaparkan, untuk petugas di desa yakni Pustu/ Polindes berjumlah 21 orang yang terdiri dari 20 bidan dan 1 perawat. Adapun pelayanan yakni berupa layanan umum, layanan penunjang, layanan khusus dan layanan pusling/ambulance. “Dalam bakti sosial ini, peserta yang kita layani berjumlah sekitar 500 orang,” jelas Rahmenda.

Berdasarkan amatan SUMUT BERITA, usai memberikan sambutan, Wabup Karo Cory Sriwati Sebayang bersama pejabat yang hadir, meninjau pelaksanaan bakti sosial di Puskesmas Berastagi.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas