Daerah

Bupati Karo Kunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Doulu

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi Camat Merdeka, Terang Ukur br Surbakti berbincang dengan Manager Senior Supervisor Operation HSSE, Agung Galunggung saat mengunjungi lokasi PLTP Bumi Sibayak. SUMBER/dok

TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengunjungi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Sibayak, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Selasa (14/2/2017).

Dalam kunjungan ini, Bupati Karo didampingi Camat Merdeka Terang Ukur br Surbakti, Sekretaris Camat Merdeka dan anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting.

Manager Senior Supervisor Operation HSSE, Agung Galunggung, menyambut baik kehadiran Bupati Karo. Dengan mengitari area PT. Pertamina Gheothermal Energy (PGE) Sibayak, ia menjelaskan bahwa pembangkit listrik tersebut juga menghasilkan gas bumi.

Dijelaskan Agung, listrik yang dihasilkan telah disalurkan di sebagian Desa Doulu dan Kota Berastagi. Selain itu, di ruangan VVIP juga tersedia alat yang dapat memonitor gempa bumi dengan memberikan tanda atau sinyal seperti alarm yang terhubung di komputer.

“PT. PGE merupakan anak perusahan dari BUMN PT. Pertamina (Persero) yang mengelola penambangan minyak dan gas bumi. Sebuah era baru sehingga tercipta energi panas bumi sebagai pembangkit listrik pertama di Sumatera dengan kapasitas 12 MW,” paparnya.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengatakan, apa yang dihasilkan Pertamina sangat membantu sebagian masyarakat Karo. “Kita ingin mengenal lebih dekat apa yang dihasilkan Pertamina, yang telah membantu sebagian masyarakat Karo dalam bidang kelistrikan,” cetusnya.

Seperti diketahui, dengan ketinggian 1.358 meter diatas permukaan laut, area PLTP Sibayak berjarak 70 Km dari Kota Medan dan 7 Km dari Kota Berastagi. PLTP ini dikelola oleh PT. PGE sebagai anak perusahan PT. Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang pengelolaan energi panas bumi.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas