Daerah

BRI Kabanjahe Salurkan Bantuan 20 Ton Beras ke Pengungsi Sinabung

TANAH KARO – SUMBER
Pinca BRI Kantor Cabang Kabanjahe Sudono saat memberikan bantuan beras 20 ton secara simbolis yang diterima oleh Wabup Karo Cory Sriwati Sebayang di Berastagi, Selasa (31/05/2016). SUMBER/dok

Pinca BRI Kantor Cabang Kabanjahe Sudono saat memberikan bantuan beras 20 ton secara simbolis yang diterima oleh Wabup Karo Cory Sriwati Sebayang di Berastagi, Selasa (31/05/2016). SUMBER/dok

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kabanjahe menyerahkan bantuan 20 ton beras kepada pengungsi Sinabung.

Bantuan ini diserahkan melalui Pemkab Karo saat digelarnya Pesta Budaya Mejuah-juah di Open Stage Taman Mejuah-juah Berastagi, Selasa (31/05/2016).

Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Kabanjahe Sudono saat menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian dan keikutsertaan BRI dalam merasakan derita warga terdampak erupsi Sinabung yang sudah sekian lama tinggal di camp penampungan.

Terkait itu, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan pusat untuk tetap memberikan bantuan kepada para pengungsi.

“Melihat situasi yang masih pelik, warga pengungsi masih sangat perlu dibantu. Karena itu, kita berkoordinasi dengan Pemkab Karo melalui BPBD Karo. Setelah disimpulkan, beras merupakan kebutuhan paling urgent karena untuk kebutuhan pangan,” kata Sudono.

Dikatakan, rasa kepedulian terhadap pengungsi Sinabung sudah sejak lama ditunjukkan oleh pihak BRI Kabanjahe dengan melaksanakan pemberian bantuan yakni sejak Sinabung meletus pada tahun 2013 lalu.

“Tak hanya beras. Tapi sembako, kebutuhan seragam sekolah anak anak pengungsi, sumur bor, toilet umum dan papan untuk membuat pallet tempat tidur di posko pengungsian telah diberikan. Hingga kini, jumlah bantuan yang telah diberikan BRI Kantor Cabang Kabanjahe kepada pengungsi telah mencapai kurang lebih Rp 1 miliar,” jelasnya.

Hal ini, lanjutnya, merupakan bentuk partisipasi dan kerja sama antara BRI dengan pemerintah daerah untuk ikut meringankan beban warga yang terkena bencana. “Harapan kita, bantuan tersebut dapat dikelola sesuai dengan peruntukannya. Sehingga, pengungsi dapat merasakan manfaat yang sebenarnya meski hanya sedikit,” pungkasnya.

Ia menghimbau agar warga pengungsi Gunung Sinabung yang tinggal di camp penampungan agar tetap sabar dan tegar menghadapi bencana yang belum usai. “Tetap sabar dan tegar, bencana pasti usai dan kita kelak pasti akan tersenyum,” tutupnya.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas