Metropolis

APBD Tapsel TA 2016 Direncanakan Rp 1,3 Triliun

TAPSEL – SUMBER

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) TA 2016 direncanakan meningkat dari TA 2015 sebesar Rp1 triliun menjadi sebesar Rp1,3 triliun lebih.

“Angka sebesar itu bertujuan untuk meningkatkan laju pembangunan berbagai sektor yang tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Tapsel itu sendiri,” ujar Calon Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH pada acara pelantikan relawan Sarasi 2 bertempat di Bagas Godang Muaratais Kecamatan Batang Angkola Tapsel, Jumat (2/10) kemarin.

apbd1Dikatakannya, pada bulan Juli 2015 saat menjelang akhir masa jabatannya sebagai Bupati Tapsel 2010-2015, eksekutif dan legislatif telah menyetujui Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran (KUA-PPA) TA 2016 sekitar Rp1,3 triliun, bahkan mungkin bertambah lagi jadi Rp1,4 triliun, jelasnya.

“Maka jangan risau akan nasib Kecamatan Angkola Muaratais yang baru saja disetujui DPRD Tapsel sebagai daerah pemekaran dari Kecamatan Batang Angkola,” ungkapnya menjawab kerisauan tokoh adat Muaratais Patuan Kuala Dalimunthe terhadap apa yang mereka perjuangkan bersama masyarakat akan berakhir dengan sia-sia.

Syahrul kembali menegaskan, tidak ada yang perlu dirisaukan di Kecamatan Angkola Muaratais, karena secara yuridis (hukum) pembentukannya telah disetujui oleh DPRD Tapsel. “Saat ini tinggal menunggu pengesahannya saja dari Pemerintah Pusat,” urainya.

Ditambahkan, dalam APBD 2016 itu nantinya secara detail belum disebut anggaran untuk Angkola Muaratais karena masih tergabung dengan Batang Angkola, tapi sudah disiapkan anggarannya dan tak perlu dirisaukan lagi. Apalagi saat ini bersama kita hadir kawan-kawan pimpinan di DPRD Tapsel, mereka akan kawal dan jaga itu. Karena terkait marwah dan harga diri dewan selaku lembaga yang telah menyetujui lahirnya Kecamatan Angkola Muaratais, cetusnya.

Lanjut Syahrul, sesuai KUA-PPA yang ditandatanganinya bersama pimpinan DPRD Tapsel pada akhir Juli kemarin, terdiri dari Pendapatan sekitar Rp1,3 triliun. Belanja langsung sekitar Rp.600 miliar dan Belanja tidak langsung sekitar Rp.700 miliar, bebernya.

Harapan kita nantinya tambah Syahrul, tim TAPD (eksekutif) dan Badan Anggaran DPRD dalam rangka menyusun Rancangan APBD 2016 konsisten dan konsekuen terhadap KUA-PPA yang telah disepakati bersama  tersebut karena KUA-PPA itulah yang menjadi panduan program  TA 2016 mendatang, ujarnya.

Maka jika nanti APBN 2016 disahkan berkat upaya-upaya yang telah kita lakukan ke Pemerintah Pusat selama ini, kemungkinan besar APBD Tapsel TA 2016 bisa bertambah jadi Rp1,4 triliun yang didalamnya sudah termasuk alokasi anggaran untuk Kecamatan Angkola Muaratais, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Cawabup Aswin Efendi Siregar, Wakil Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, anggota DPRD Fraksi Gerindra Rocky AP Gultom, Fraksi Golkar Ali Adanan Nasution serta FPDIP Hasintongan Sitorus dan FPPP Oloan Rambe bersama ratusan masyarakat setempat.

  • DEDI
Ke Atas