Daerah

Sudarto Sitepu – Herman Purba Dideklarasikan di Desa Suka

TANAH KARO – SUMUT BERITA

Pendeklarasian pasangan calon Bupati Karo Sudarto Sitepu dan Wakil Bupati Karo Herman Antonius Purba Karo-Karo BA di Desa Suka. SUMUT BERITA/pardi simalango

Pendeklarasian pasangan calon Bupati Karo Sudarto Sitepu dan Wakil Bupati Karo Herman Antonius Purba Karo-Karo BA di Desa Suka. SUMUT BERITA/pardi simalango

Ribuan warga Desa Suka, Kec Tiga Panah, menghadiri pendeklarasian pasangan calon (paslon) Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo, Sudarto Sitepu dan Herman Antonius Purba Karo-Karo BA, periode 2015-2020 di Jambur Desa Suka, Senin (27/7).

Dalam pendeklarasian itu, turut di gelar pelantikan tim sukses pemenangan pasangan dan Njujungi Beras Piher serta pemberian seperangkat pakaian adat Karo kepada pasangan tersebut.

Dihadapan ribuan simpatisan, Sudarto Sitepu mengatakan dirinya merasa terharu dalam pendeklarasian ini, karena di desa ini merupakan kampung kalimbubu (kelompok pihak pemberi perempuan dan sangat dihormati dalam sistem kekerabatan orang Karo-red), karena mengingat saat pemilihan legislatif (Pileg) lalu ia meraih suara signifikan di desa ini.

Menurut Sudarto, keikutsertaannya dalam perhelatan Pilkada di Karo bertujuan untuk mengangkat keterpurukan berbagai sektor perekonomian di daerah ini. Untuk itu, katanya, ia menyatakan siap untuk mundur sebagai anggota DPRD Sumut. Terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), anggota DPR, DPD maupun DPRD yang mencalonkan diri menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah harus mundur dari jabatannya saat resmi ditetapkan sebagai calon.

“Masa tugas saya sebagai anggota dewan masih ada 4 tahun 3 bulan. Saya tidak mau menduduki jabatan strategis sebagai anggota DPRD Sumut, mengingat kondisi Tanah Karo belakangan ini sungguh-sungguh memperihatinkan soal HIV/AIDS dan narkoba. Karena itu, bila berhasil menjadi Bupati Karo, saya akan membentuk posko-posko karang taruna di tiap-tiap desa untuk menanggulangi masuknya peredaran narkoba di daerah ini,” ujar Ketua DPC PDI Kab Karo itu.

Disampaikan, urusan persoalan birokrasi di pemerintahan, pihaknya tidak akan memberatkan para PNS. “Tidak akan ada pengutipan untuk pengangkatan pejabat di jajaran Pemkab Karo,” tandasnya.

Sementara, Calon Wakil Bupati Karo, Herman Antonius Purba Karo-Karo BA, menyatakan komitmen untuk memberdayakan PNS dalam pelayanan sebagai abdi negara dan tetap menjaga keutuhan hubungan antara Bupati dan Wakil Bupati secara harmonis dan sinergis sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Tidak ada bagi-bagi kekuasaan dalam rangka pengelolaan roda pemerintahan,” pungkas mantan pegawai pemerintahan di pusat itu.

Resmi Mendaftar ke Kantor KPUD Karo

Pasangan calon Bupati Karo Sudarto Sitepu dan calon Wakil Bupati Karo Herman Antonius Purba Karo-Karo BA mendaftar ke Kantor KPUD Karo. SUMUT BERITA/pardi simalango

Pasangan calon Bupati Karo Sudarto Sitepu dan calon Wakil Bupati Karo Herman Antonius Purba Karo-Karo BA mendaftar ke Kantor KPUD Karo. SUMUT BERITA/pardi simalango

Seusai mendeklarasikan paslon yang diusung PDI-Perjuangan dan Partai Nasdem tersebut, berkisar 500-an simpatisan dan pendukung serta fungsionaris kedua partai pendukung mengantarkan bakal calon untuk mendaftar ke Kantor KPUD Karo, Senin (27/7) petang.

Rombongan paslon diterima oleh Ketua KPUD Karo Benyamin Pinem, Sekretaris Hermawaty br Kaban dan para komisioner KPUD Karo masing-masing, Jesaya Pulungan, Gemar Tarigan, Rahel Sukatendel dan Anwar Mega Tarigan.

Ketua KPUD Karo, Benyamin Pinem mengatakan, berkas-berkas pasangan ini sudah lengkap, namun harus diverifikasi untuk selanjutnya dan akan ditetapkan pada tanggal 24 Agustus 2015 mendatang.

Amatan SUMUT BERITA, iring-iringan calon Bupati ini meramaikan jalan raya menuju ke kantor KPU Karo Jalan Sanatorium Kabanjahe. Sebelumnya, paslon lainnya yakni Ir. Ramon Bangun MBA – Ir. Edi Ulina Ginting yang diusung dari Partai Hanura dan PKPI juga telah mendaftar ke Kantor KPUD Karo.

  • PARDI SIMALANGO
Ke Atas