Wisata

Manfaat Daun Jambu Biji

OLEH : AMELIA Br.BANGUN | pembaca SUMUTBERITA.com

Jambu batu atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Bukan hanya daging buahnya yang enak dan bagus dikonsumsi, tetapi daun dari tanaman jambu biji ternyata memiliki beragam khasiat. Daun jambu biji sangat mudah ditemukan, dan daun jambu biji tersebut sangat bagus untuk dikonsumsi. Karena daun jambu biji kaya akan zat antioksidan, antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin, serta membantu meredakan rasa sakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ming Gao dari Mukogawa Women’s University, Jepang. Mengungkap manfaat daun jambu biji untuk mengurangi perlemakan hati. Penelitian yang dipublikasikan pada februari 2012 oleh jurnal Nutrition & Metabolism ini didasari dari meningkatnya sindrom metabolisme karena perubahan diet dan pola makan masyarakat modern.

Penelitian dari Tim riset mahasiswa jurusan pendidikan kimia Hilman Qutdratuddarsi, Hendra Tukantari, Ainur Khafid dan Fariz Rifai juga menyatakan bahwa kandungan daun jambu biji juga dapat menghilangkan bau badan dan menjaga kesehatan kulit. Cara yang dilakukan untuk menghilangkan bau badan dapat digunakan sebagai deodoran, apalagi dibuat ekstranya. Dengan menumbuk daun jambu biji dan dipakai di ketiak.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa daun jambu biji sangat bermanfaat untuk tubuh. Contohnya kebanyakan masyarakat pernah terkena diare. Diare adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan cairan, dan memakan makanan yang tidak sehat. strigent dalam daun jambu biji bersifat alkasi dan mampu membunuh kuman penyebab diare dan disentri. Dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji dan menambah kan sedikit garam, lalu diminum dengan cara yang sederhana itu saja sudah dapat menghentikan diare. Tidak itu aja daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai obat memar. Dari kandungan steroid pada daun jambu biji sebagai bahan anti inflamasi (anti radang) yang dimilikinya. Kandungan daun jambu biji yang lain yakni anti oksidan, merupakan bahan yang bersifat protektif terhadap sel.  Daun jambu biji juga dapat dimanfaat kan untuk penderita diabetes. Diabetes biasanya terjadi pada orang dewasa khususnya pada orang tua.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central institute untuk penelitian mikrobiologi di tokyo, Jepang. Ditemuukan bahwa teh daun jambu biji efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Khasiat daun jambu biji untuk diabetes ini diterbitkan pada tahun 2010 dalam “Nutrisi dan metabolisme”. Meminum seduhannya dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang dengan diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.

Dari manfaat daun jambu biji tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan daun jambu biji sangat besar bagi tubuh. Bahkan dari manfaat yang tidak kita ketahui pun ternyata ada pada daun jambu biji. Setelah mengenal daun jambu biji tersebut diharapkan kepada masyarakat untuk dapat mencoba manfaat daun jambu biji tersebut. Lebih baik mengkonsumsi obat-obatan dengan cara alami dari pada dengan menggunakan  obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Dengan mengkomsumsi obat-obatan yang alami, kesehatan yang kita miliki pun lebih baik. Tumbuhan tersebut sudah diteliti oleh beberapa ilmuan dan dari situ kita dapat mengetahui bahwa tumbuhan tersebut sangat baik untuk dijadikan untuk berbagai jenis penyakit.

Ke Atas