Wisata

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Anak

OLEH : ACNES CHRISTINA SIMANJUNTAK | pembaca SUMUTBERITA.com

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia baik secara jasmani dan rohani. Tidak terkecuali anak-anak, setiap orang tua mengiginkan anaknya bisa bertumbuh dan berkembang secara normal, dan hal ini dapat tercapai jika tubuh mereka sehat. Setiap hari kita selalu melakukan kegiatan rutin yang sangat berpengaruh dalam hidup kita. Kegiatan itu yaitu Makan, makan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Berbicara mengenai makan, tentu saja akan berhubungan dengan mulut. Mulut merupakan salah satu yang menjadi pendorong dalam penampilan kita. Untuk itu kita harus mamou menjaga kesehtan mulut kita.

Saat ini banyak orang-orang yang lalai terhadap kesehatan mulutnya, banyak yang tidak peduli terhadap keadaan mulut mereka. Banyak anak-anak yang kehilangan gigi mereka karena tidak dirawat dengan baik.. Faktor utama dan hal yang paling sering menyebabkan kerusakan mulut yaitu makanan manis seperti permen dan coklat yang sisa didalam mulut kita dan kita tidak langsung menyikatnya. Factor lain yang menyebabkan kerusakan gigi yaitu malas menyikat gigi.

Dampak yang timbul akibat rusaknya gigi dan dan kesehatan gigi tidak terjaga yaitu gigi berlubang, plat gigi tebal, dan hal yang sangat menggagu terutama bagi orang lain yang ada didekat kita yaitu bau mulut. Untuk menghindari dampak buruk tersebut hal yang pertama sekali kita lakukan adalah rajin menyikat gigi, dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis, yang terlalu dingin dan yang terlalu panas.

Mengenai bau mulut terkadang masalah bau mulut muncul bukan hanya karena kesehatan gigi kita tidak terjaga namun bau mulut juga bisa terjadi akibat kondisi perut kita yang kurang baik, seperti sakit mag. Penyakit ini akan membuat si penderita akan mengalami yang namanya bau mulut. Kemudian untuk mengobati bau mulut sebaiknya diperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung mint. Karena banyak peneliti yang menyatakan bahwa mint mampu menyegarkan nafas, dan bisa menjaga kesehatan mulut, bisa juga mengobati sariawan.
Drg novita tiosidy mengatakan bahwa kesehatan mulut merupakan salah satu faktor utama menjaga kesehatan mulut. Karena mulut merupakn alat yang digunakan untuk proses pencernaan yang berhubungan dengan metabolisme tubuh dan peneliti muda dari universitas oxford menemukan bahwa seseorang yang mencabut gigi  dengna sembarangn dapat mengalami ganguan otak

Dengan terjaganya kesehatan mulut maka segala aktivitas kita tidak akan terganggu karena mulut merupakan alat utama yang kita gunakan untuk mendapat energy. Sebaiknya sejak dini anak-anak harus diajarkan trentang kesehatan gigi kemudian dirumah mereka dibimbing orang tua untuk mengaplikasikan kegiatan yang berhungan dengan kesehatan gigi. Karena saat ini yang menjadi sasaran empuk ketidak sehatannya mulut adalah anak-anak.

Jagalah kesehatan mulut karena selain menjadi alat yang digunakan untuk menghasilkan energy mulut juga menjadi salah satu daya tarik nyang kita miliki. Terutama mulut yang wangi, itu menjadi sarana bagi kita untuk melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain.
Manfaat menjaga kesehatan mulut adalah supaya kita terhindar dari penyakit mulut, maka Lakukan kegiatan yang menjaga kesehatan gigi seperti sikat gigi dua kali sehari, kumur-kumur menggunakan larutan namti bakteri yang berguna mengsterilkan mulut kita. Sehinggadengan demikian kita akan memiliki mulut yang sehat. Dan sekalipun kondisi mulut kita sudah terlanjur rusak, kegiatan yang menjaga kesehatan mulut tersebut juga mampu mengurangi kerusakannya dan menjadikat kondisi mulut kita sehat kembali.

Ke Atas