Wisata

Cara Menghilangkan Jerawat

OLEH : SARDO SILABAN | pembaca SUMUTBERITA.com

Dalam kehidupan sekarang ini memang tak bisa dipungkiri bahwa banyaknya orang yang berjerawat.mulai dari kalangan remaja sampai dewasa. Jerawat adalah masalah kulit yang dimulai ketika sel dan sel kulit mati menyumbat dan memiliki sedikit bintik merah-merah.bagi setiap kaum manusia pasti tidak menginginkan datangnya jerawat.

Menurut  dr  I Ketut Sukarata SpKK dari bagian penyakit kulit dan kelamin FKUI/RSUPN-Cipto Mangunkusumo, penyebab jerawat pada tiap orang berbeda-beda. “Hanya saja, yang jelas memang dari tiga faktor penyebab tadi,” ujarnya ketika dihubungi di Jakarta, akhir pekan lalu. Selain itu, lanjut Sukarata, ada faktor pendukung lainnya yang memicu munculnya jerawat. Faktor lainnya adalah stres, makanan, dan pola hidup.

Jerawat, lanjutnya, biasa terjadi pada bagian-bagian kulit yang mengandung kelebihan minyak. Bagian-bagian tubuh yang subur ditumbuhi jerawat antara lain permukaan kulit di wajah, leher, lengan bagian atas, punggung atas, kulit kepala, dan dada atas.
Menurut pakar kulit Dr Titi Moertolo, tingkat keparahan jerawat beragam. Itu tergantung pada kondisi kulit penderita dan faktor pendukung lainnya. Skala keparahannya mulai dari ringan, hingga ke parah, dari jaringan epidermis hingga ke dermis.

“Soal jerawat, memang banyak juga dari risiko keturunan. Ini berkaitan erat dengan produksi minyak dari kelenjar minyak di kulitnya. Jadi, bila orang tuanya berjerawat, anak-anaknya pun pada usia puber juga kena,” sambungnya.

Jerawat   dikenal sebagai  yang paling tidak disukaioleh manusia.Kondisi ini dapat ditandai oleh jerawat yang berkembang menjadi kista kecil pada permukaan kulit wajah, dan juga bisa sangat menyakitkan. Bila kita  amati jerawat ini tidak hanya terjadi pada wajah tetapi juga di bagian belakang seperti pada punggung. Hal tersebut biasa terlihat di kalangan anak remaja dan pemuda.Jerawat ini bisa disembuhkan dalam waktu yang cukup lama. Perhatian para  medis juga sangat penting untuk pengobatan dan penyembuhan jerawat batu ini, jika tidak hal tersebut akan menyebabkan infeksi dan penyakit kulit lainnya. Penting untuk diketahui tentang penyebab dan juga pengobatan jerawat batu untuk pengendalian dan pencegahan jerawat, terutama jerawat batu yang menjengkelkan. Perawatan menggunakan obat alami di rumah juga dapat diikuti untuk membantu untuk pengobatan jerawat batu.

Penyebab jerawat
Penyebab Jerawat  belum bisa ditetapkan secara pasti, penyebab jerawat  mungkin bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor seperti  keturunan, ketidakseimbangan hormon, obat-obatan tertentu, stres, atau pun diet, dll. Penyebab lain juga bisa termasuk karena penggunaan kosmetik berminyak dan yang berbahan dasar minyak, penggunaan pembersih yang berlebihan  bisa jadi penyebab jerawat batu, polusi dan debu .

Keturunan dan hormon merupakan dua penyebab utama jerawat batu pada orang dewasa.Perawatan jerawat sangat  berguna untuk mengontrol kondisi jerawat batu.Tapi ada juga beberapa solusi alami yang dapat membantu mengobati dan menyembuhkan jerawat batu.Semuanya serba mudah dan hanya memerlukan penggunaan bahan yang mudah di dapat.Perawatan jerawat batu di rumah juga dapat membantu mengurangi peradangan, menenangkan daerah yang terkena jerawat batu dan mencegahnya perkembangan jerawat lebih lanjut.
Cara menghilangkan jerawat batu yang ini sama mudahnya dengan cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami.

1.Baking Soda
Baking soda dikenal  berguna dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat jerawat batu. Caranya, campurkan ½ sendok teh baking soda dengan air untuk membuat pasta yang agak tebal.Terapkankan baking soda ini ke daerah yang terkena jerawat batu dan biarkan selama 15 menit.Setelah itu bilas dengan air dingin.Hal tersebut membantu menghilangkan kelebihan minyak dari daerah tersebut dan mencegah jerawat batu lebih lanjut. Pengobatan lain yang baik iala mencampurkan ½ sdt baking soda dengan sedikit garam laut dan air untuk membuat pasta yang agak tebal. Lalu oleskan campuran ini ke daerah yang terkena dampak.

2.Kentang
Kentang memiliki banyak khasiat .diantaranya untuk mengobati jerawat. Kentang itu mengandung alkali yang dapat membantu memecah minyak yang tersumbat pada pori-pori kulit. Kentang juga dapat digunakan untuk pengobatan yang alami dengan cara mengiris kentang mentah menjadi setengah dan menggosok jus pada daerah yang terkena jerawat batu.Lalu biarkan selama setengah jam, setelah itu bilas dengan air hangat.

3.Telur
Putih telur juga dikenal sangat efektif sebagai solusi yang alami untuk menghilangkan jerawat batu. Terapkan lah putih telur yang telah dicampur dengan beberapa tetes madu, hal itu dapat mengurangi jerawat dan juga menenangkan daerah yang kira-kira terpengaruh.

4.Madu dan Kunyit
Oleskan campuran madu dan juga kunyit secara bersamaan dengan beberapa tetes air jeruk nipis adalah cara yang baik untuk mengobati jerawat batu dewasa. Hal ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan juga memiliki efek menenangkan pada kulit.

5.tomat
menggunakan tomat meeruapakan cara alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Kandungan tomat berupa vitamin C, A, dan B1, kalsium, zat besi, dan belerang adalah kandungan yang sangat baik untuk meredakan peradangan serta mengempiskan jerawat batu.
Caranya sangat mudah,cukup menggosokkan irisan buah tomat matang secara perlahan pada jerawat dan juga permukaan wajah lainnya serta leher. Didiamkan beberapa saat hingga mengering kemudian basuh dengan air hangat. Cara ini aman dilakukan setiap hari dan tidak hanya akan mengobati jerawat tetapi juga mencerahkan wajah.

6.gunakan pembersih wajah yang yang sesuai dengan PH kulit
Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan ph wajah anda sehingga bisa mengobati jerawat batu itu.janganlah mudah tergiur oleh merek-merek pembersih wajah yang belum tentu bisa mengobati jerawat anda.

7.konsultasi kepada dokter kulit
Salah satu cara yang dapat mengobati jerawat adalah berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit.cara tersebut akan ampuh dalam mengobati jerawat secara cepat

8.Rajinlah mencuci muka ketika mau tidur
Rajinlah anda mncuci muka ketika mau tidur.cara tersebut bisa mengurangi minyak-minyak yang menempel pada wajah anda  sehingga minyak diwajah kita bisa berkurang dan debu-debu yang menempel pada wajah anda pun hilang.

9.minum air yang cukup – jangan sampai kurang, tapi juga hendaknya tidak berlebih. Hal ini sangat baik untuk membantu ginjal sebagai organ pembuang racun.

10.makanlah buah, sayuran berserat agar memperlancar kinerja defakasi (BAB lancar).

11jangan terus menerus memikirkan problem jerawat. Tetaplah tenang, selalu rileks dan menjauhi stress

12.rutin mencuci handuk, bantal serta helmet. Apabila anda mempunyai model rambut emo-styles namun sayang untuk memangkasnya, maka rajin-rajinlah mencuci rambut..

13.menghindari makanan pedas, manis dan iodized foods. Juga, kopi serta minuman bersoda sebaiknya dihindari.

14.teratur melakukan olahraga
Dengan olahraga teratur akan membantu menghilangkan racun melalui keringat. Manfaat lainnya juga bisa meningkatkan kolagen wajah.

Ke Atas